Solo Cyber City

Cyber City adalah sebutan bagi kota yang memberikan layanan konektivitas internet di wilayah publik, dimana antar kota dan daerah lain terjalin dengan jaringan internet. Beberapa titik terpasang hotspot area yang dapat diakses secara gratis selama 24 jam nonstop sehingga masyarakat secara mudah dapat mengaksesnya.

Tentang Cyber City

Beberapa kota besar di dunia juga di tanah air telah mencanangkan dan mengaplikasi konsep Cyber City, tak terkecuali dengan Solo. Solo mencanangkan program Solo Cyber City pada tanggal 30 Juli 2008, sudah sekitar 5 tahun hal tersebut di masa pemerintahan Jokowi (Joko Widodo) yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Solo bukanlah kota pertama yang mencanangkan program Cyber City. Didahului oleh kota besar di Sulawesi, yakni Makassar, salah satu tempat yang dibangunkan juga arena hiburan indoor Trans Studio selain Bandung. Makassar diberlakukan program Cyber City pada tahun 2007.

Solo sebagai Cyber City ditandai dengan browsing bersama 400 user internet di city walk sepanjang Jalan Slamet Riyadi. Jalan Slamet Riyadi dimulai dari Purwosari hingga bundaran Gladak, terpasang titik-titik hotspot yang mudah untuk diakses. Kini, selain tersedianya area hotspot yang panjang dan gratis, city walk dilengkapi dengan tempat duduk yang nyaman, juga terpampang penjual yang beragam yang tersusun rapi.

Pencanangan Cyber City di kota Solo membuka jalur pewacanaan Solo selain sebagai kota budaya juga kota informasi. Akses informasi dan teknologi kini mudah untuk diakses oleh masyarakat kota Solo. Hal ini juga bermanfaat bagi para wisatawan asing yang menginginkan konektivitas internet karena tidak sedikit turis yang berkunjung ke kota tersebut. Dengan hal tersebut, semakin menariklah kota tersebut untuk dikunjungi.

Pencanangan Cyber City sekarang mulai digarap oleh beberapa petinggi di daerah-daerah lain, seperti Pontianak, Bandung, Cimahi, Ambon, Kudus, dan sebagainya. Hal ini tentu adalah kabar baik karena akan menambah daya jual kota-kota tersebut untuk wisatawan.

Namun, lebih dari itu, pencanangan Cyber City haruslah diimbangi dengan edukasi terhadap masyarakat tentang penggunaan internet dan segala sesuatu tentang Cyber City. Solo Cyber City dan Makassar Cyber City mungkin dapat dijadikan contoh pencanangan Cyber City yang baik, yang diimbangi dengan edukasi terhadap masyarakat.

Loading...
Selanjutnya : Mengetahui Cara Perawatan Ninja RR Yang Baik
Sebelumnya: Mengenal Film Kerajaan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar