Solusi Mengatasi Pengangguran di Indonesia


Masalah pengangguran adalah sebuah masalah yang amat pelik dan sedang dihadapi oleh Indonesia. Dari tahun ke tahun, angka pengangguran di Indonesia selalu meningkat. Di sinilah akan dibutuhkan adanya solusi mengatasi pengangguran di Indonesia yang sesungguhnya.

Inti dari pengangguran adalah bahwa masih banyak dari masyarakat di usia yang produktif tidak mendapatkan pekerjaan. Sehingga di dalam hal ini dilihat bahwa persoalan pengangguran ini terdapat di dalam sedikitnya lapangan pekerjaan yang ada.

Dan solusi yang diberikan akan masalah pengangguran ini semata dari menambah jumlah lapangan pekerjaan. Padahal, masalah pengangguran tidak semata karena hal ini.

Berikut ini adalah beberapa solusi mendasar yang dapat diajukan untuk mengatasi masalah pengangguran yang ada di Indonesia.

Mengubah Cara Pandang Kehidupan

Saat ini, banyak wanita yang menganggap bahwa kehidupan rumah tangga adalah penjara atau belenggu bagi mereka. Sehingga, kebanyakan wanita ini berbondong-bondong pergi keluar rumah untuk mencari nafkah dengan bekerja. Pandangan bahwa menjadi wanita karier lebih berharga dibandingkan dengan ibu rumah tangga akhirnya membuat wanita lebih banyak dan suka untuk bekerja.

Dengan membludaknya wanita di lapangan pekerja maka pemilik usaha akan lebih memilih pekerja wanita ini. Dengan anggapan bahwa gaji yang akan diberikan lebih murah dibandingkan dengan pekerja pria. Inilah yang kemudian menyebabkan pengangguran banyak dialami oleh kalangan pria.

Menetapkan Sistem Perekonomian yang Baru

Tak dapat dipungkiri bahwa tingkat kesejahteraan yang ada di Indonesia masihlah belum tinggi. Hal ini terlepas dari bagaimana nilai pertumbuhan ekonomi dalam negeri atau nilai-nilai yang lain yang sejatinya tak menunjukan realitas kesejahteraan masyarakat yang sesungguhnya.

Tingkat kesejahteraan yang masih rendah inilah yang kemudian menyebabkan para ibu rumah tangga merelakan diri untuk ikut terjun di lapangan kerja. Penghasilan suami tak mencukupi untuk menutup kebutuhan keluarga. Sehingga istripun harus ikut bekerja.

Ini pula yang telah disebutkan di atas bahwa ketika para wanita ikut berada di dunia kerja maka kebanyakan pelaku industri akan lebih memilih mereka.Terutama di level pekerjaan dalam tingkat yang rendah. Inipula yang menyebabkan masalah pengangguran.

Indonesia sejatinya adalah sebuah negara yang sangat kaya dengan sumber daya alam yang melimpah. Maka akan menjadi sebuah hal yang sangat aneh pula jika pengangguran meningkat dan tingkat kesejahteraan terus saja menurun. Perlu sebuah solusi mengatasi pengangguran di indonesia yang mendasar dan efektif sehingga akan membawa Indonesia menjadi negara yang lebih baik dan maju lagi.

Selanjutnya : Cara Memilih Contoh Menu Diet Penyakit Jantung
Sebelumnya: Sumber dari Mana Pendidikan Agama Islam Tentang Akhlak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar