Sosok Penting Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara lahir tanggal 2 Mei 1889, di Yogyakarta. Beliau adalah seorang tokoh pendidikan nasional. Sebelum berganti nama menjadi Ki Hajar Dewantara, nama sebelumnya atau aslinya adalah Raden Mas Suwardi Suryaningrat. Sosok penting Ki Hajar Dewantara begitu bermakna untuk Indonesia.

BeliauĀ adalah seseorang yang beruntung. Beliau lahir dari keluarga bangsawan, sehingga pada masa itu beliau dapat meneruskan pendidikannya. Beliau menempuh pendidikan sekolah dasar di Europeesche Lagere School (ELS) sampai tamat. Kemudian melanjutkannya di School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA) yang merupakan sekolah kedokteran. Namun karena saat itu beliau sedang sakit, beliau tidak menamatkan pendidikannya di STOVIA.

Pekerjaan beliau saat muda adalah sebagai seorang wartawan dan penulis di berbagai surat kabar, Seperti Midden Java, Oetoesan Hindia, De Expres, Sediotomo, Tjahaja Timoer, Poesara, dan Kaoem Moeda.

Sosok penting Ki Hajar Dewantara dalam tiga prinsip ajaran, yaitu:

  1. Yang didepan memberi teladan (Ing ngarsa sung tuladha)
  2. Di tengah membangun semangat (Ing madya mangun karsa)
  3. Dari belakang memberi dukungan (Tut wuri handayani)

Beliau mendapat gelar Doctor Honoris Causa pada tahun 1957 dari UGM (Universitas Gajah Mada). Sesudah menerima gelar tersebut, pada tanggal 28 April 1959 beliau wafat dan jenazahnya dimakamkan di Yogyakarta yang merupakan tempat kelahirannya.

Pada tanggal 28 November 1959, melalui surat Keputusan Presiden No. 305, beliauĀ ditetapkan sebagai seorang Pahlawan Nasional. Dan, untuk menghormati jasa-jasa beliau terhadap Negara Republik Indonesia, setiap tanggal 2 Mei yang merupakan tanggal kelahirannya, diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Karir Ki Hajar Dewantara

  1. Anggota PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia)dan BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia)
  2. Menteri Pendidikan Nasional RI pertama
  3. Pengajar dan pendiri Perguruan Taman Siswa.

Organisasi yang diikutinya, antara lain:

  1. Indische Partij
  2. Boedi Oetomo
  3. Perhimpunan Hindia (Indische Vereeniging)

Penghargaan yang diperoleh:

  1. Gelar Dr. H. C. (Docktor Honoris Causa)
  2. Fotonya yang diabadikan pada aung kertas Rp20.000,00
  3. Europeesche Akte, yang diperoleh beliau dalam ijazah pendidikannya, pada tahun 1918

Demikianlah sekelumit paparan tentang sosok penting Ki Hajar Dewantara. Semoga prestasi dan sumbangsih beliau untuk kemerdekaan negara Indonesia, dapat menjadi contoh teladan bagi kita semua.

Loading...
Selanjutnya : Cara Hidup Komodo di Hutan dan Jenisnya
Sebelumnya: Cara Edit Photoshop Paling Keren
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar