Spesifikasi Komputer untuk Program 3D yang Berkualitas

Jika ingin membuat sesuatu yang berbentuk 3 Dimensi, spesifikasi komputer untuk program 3D haruslah diperhatikan. Kita tidak dapat menggunakan spesifikasi yang sederhana mengingat program 3D ini memerlukan kapasitas yang cukup besar. Jika memaksakan untuk membuat program 3D dengan spesifikasi komputer seadanya atau sederhana, sudah dapat dipastikan pekerjaan kita terganggu, mulai dari pergerakan gambar yang patah-patah, komputer ngehang, hingga komputer mati. Kita tidak mau hal itu terjadi, bukan?

Apa Itu 3D?

Program 3D adalah perkembangan dari program 2D. Perbedaan kedua dimensi ini terletak pada koordinatnya. Program 2D menggunakan koordinat x dan y, sedangkan program 3D menggunakan koordinat x, y, dan z. Dengan menggunakan program 3D, gambar yang dihasilkan terasa semakin nyata dan semakin hidup yang mendekati manusia asli. Program 3D sangat memerhatikan setiap detail pada gambar yang dibuat agar hasilnya mendekati bentuk aslinya. Program 3D banyak digunakan untuk film animasi, video, dan iklan komersial. Salah satu perusahaan besar yang menggunakan program 3D ini adalah The Walt Disney Company. Hasilnya dapat kita lihat melalui film Toy Story, Finding Nemo, Monster Inc., dan masih banyak lagi.

Spesifikasi Komputer yang Dibutuhkan untuk Menggunakan Program 3D

Untuk membuat sesuatu dengan program 3D, spesifikasi komputer haruslah diperhatikan. Spesifikasi-spesifikasi tersebut harus disesuaikan dengan besarnya kapastitas program. Jika dipaksakan atau tidak sesuai, pekerjaan pasti terganggu. Berikut ini adalah spesifikasi komputer untuk program 3D yang dapat digunakan.

  • Prosesor. Prosesor yang harus digunakan untuk program 3D adalah prosesor multicore. Penggunaan prosesor ini dapat mempercepat dan meningkatkan kinerja komputer. Sangat disarankan untuk menggunakan prosesor dengan kecepatan minimal 3Ghz.
  • Memori. Semakin besar kapasitas suatu memori, semakin cepat pula kinerja baca komputer pada suatu program 3D. Kapasitas minimal memori yang dapat digunakan untuk membaca suatu program 3D adalah 1 GB.
  • Hardisk. Sangat disarankan menggunakan hardisk berkapasitas besar karena file-file program 3D berkapasitas besar. Kapasitas minimal hardisk yang dapat digunakan adalah 80 GB.
  • Monitor. Pilihlah monitor dengan layar yang lebar. Hal ini bertujuan untuk mempermudah dan membuat nyaman pengerjaan. Mata pun tidak akan cepat lelah. Untuk monitor, ukuran minimal yang dapat digunakan adalah 17 inci.
  • VGA Card. VGA Card menjadi komponen yang sangat penting dalam penggunaan program 3D. Mengapa demikian? Karena VGA Card menjadi perangkat yang mendasar untuk menampilkan suatu gambar. Semakin tinggi kualitas suatu VGA Card, semakin bagus pula kualitas gambarnya.

Jika diperhatikan, spesifikasi komputer untuk program 3D cukup menguras kantong. Akan tetapi, hal ini sesuai dengan gambar yang akan dihasilkan. Semakin tinggi spesifikasi dan harga suatu komponen komputer, semakin bagus pula kualitas gambar yang dihasilkan. Hasil yang bagus ini tentu saja harus dibarengi oleh keahlian dan pemahaman yang baik. Selamat mencoba!

Selanjutnya : Tips Tepat Panduan Make Up Simple untuk Pemula
Sebelumnya: Sinchan Tua Seperti Apa?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...