Staf Adminstrasi Adalah Perencana Perusahaan

Staf administrasi adalah karyawan yang merencanakan, menjalankan, dan mengawasi kegiatan keadministrasian. Segala macam kegiatan yang berhubungan dengan administrasi dihandle oleh staf tersebut.

Mungkin kita sudah sering sekali mendengar kata administrasi, bahkan banyak lowongan pekerjaan yang membutuhkan posisi administrasi. Lantas apakah yang tidak sekolah atau kuliah di jurusan ini bisa bekerja di administrasi dan mempelajarinya?

Loading...

Setiap orang sebenarnya bisa mengerjakan pekerjaan administrasi walaupun tidak ber-basic administrasi. Sebenarnya, administrasi bisa dipelajari oleh segala macam jurusan. Jadi ketika anda ditempatkan di administrasi, tidak perlu khawatir, tinggal mempelajarinya dan tidak butuh waktu lama untuk bisa menguasainya.
Pada umumnya, kita banyak mendapati yang bekerja di bagian administrasi adalah wanita, tetapi bukan berarti pria tidak bisa memegang posisi ini. Wanita ataupun pria tidak menjadi masalah bekerja sebagai staf administrasi.

Pengertian Staf Administrasi

Pengertian staf administrasi adalah jabatan segala sesuatu yang berhubungan dengan keadministrasian, baik surat menyurat, keuangan, pelayanan, maupun kegiatan yang ada di perusahaan tersebut.

Jenis Administrasi dan Tugasnya

Administrasi terbagi atas beberapa bagian, bahkan di tiap-tiap perusahaan berbeda-beda pembagiannya sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut dan disesuaian dengan job desk masing-masing.

Ada yang memisahkan antara administrasi keuangan dan persuratan. Jadi, dalam administrasi keuangan pekerjaan staf hanya mengurusi dan meng-handle segala administrasi yang berhubungan dengan keuangan perusahaan. Baik pengeluaran, pemasukan, laporan keuangan, kas, maupun penggajian pegawai.

Administrasi persuratan mengurusi tentang surat menyurat di perusahaan, baik surat masuk maupun keluar, mengarsip dan memilahnya. Biasanya, selain mengurusi surat masuk, bagian ini juga mengurusi yang berhubungan dengan kegiatan di perusahaan tersebut seperti membuat surat tugas untuk kegiatan di luar atau menghadiri undangan dan meeting dengan perusahaan lain.

Administrasi juga mengurusi dan menyiapkan segala macam kebutuhan perusahaan, misalnya ATK (Alat Tulis Kantor), mengawasi kebersihan kantor, mengabsen pegawai, membuat jadwal, mempersiapkan rapat, dll.

Staf bagian administrasi harus bertanggung jawab kepada kepala administrasi atas segala pekerjaan yang dilakukannya, baik dalam melaksanakan pekerjaan tersebut maupun dalam melayani yang berhubungan dengan kebutuhan perusahaan.
Sebenarnya, administrasi ada dua yaitu administrasi negara dan swasta. Jika administrasi negara mengurusi keadministrasian negara dalam pelayanan ke masyarakat, administrasi swasta mengurusi administrasi di perusahaan.

Menurut Surakhmad (1994), unsur-unsur yang ada dalam administrasi adalah organisasi, lingkungan, situasi, lokasi, wilayah operasi, mesin dan peralatan, program-program usaha, kekuatan soasial, serta pimpinan dan personal.

Intinya, staf administrasi adalah pihak yang membantu berlangsungnya kegiatan yang ada di perusahaan. Dengan ada pembagian tugas masing-masing, keadministrasian tersebut agar lebih tertata.

Loading...
Selanjutnya : Ekonomi Politik Dumping
Sebelumnya: Download Permainan Memasak Kue
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar