Standar Ukuran Membuat Lapangan Sepakbola


Sepak bola adalah salah satu olahraga yang banyak dimintai oleh masyarakat dunia. Olahraga dengan sebelas pemain ini membutuhkan lapangan dengan luas yang tidak sedikit. Berapa ukuran membuat lapangan sepakbola yang benar versi FIFA?

Standar Ukuran Lapangan Sepak Bola

Induk organisasi sepak bola dunia atau FIFA memiliki standar dalam ukuran lapangan sepak bola untuk pertandingan internasional. Akan tetapi FIFA tidak memaksa ukuran lapangan sepakbola yang digunakan untuk pertandingan liga domestik di negara manapun untuk mengikuti standar lapangan FIFA tersebut.
FIFA membebaskan bagaimana bentuk dan tribun lapangan sepak bola, akan tetapi standar FIFA mengenai lapangan sudah dicetuskan sejak 2007 sebagai berikut:

  • Panjang lapangan sepak bola minimal 100 yards atau 90 meter dan panjang maksimal 130 yards atau 120 meter
  • Lebar minimal 50 yards 45 meter dan lebar maksimal 100 yards atau 90 meter.
  • Lebar gawang  7,3 meter dan tinggi 2,4 meter.
  • Panjang area penjaga gawang adalah 29 meter dan lebar 5,5 meter.
  • Jarak dari garis gawang ke titik pinalti adalah 11 meter.
  • Centre spot mempunyai diameter 9,15 m dan area kotak pinalti 18 yards box.
  • Standar FIFA pada umumnya untuk garis pembatas memiliki tebal 10 cm.

FIFA menerapkan standar internasional yang berlaku  untuk semua pertandingan yang sifatnya internasional seperti piala dunia, piala Asia dan Piala Eropa atau pertandingan persahabatan antar klub maupun negara agar pemain dalam pertandingan tidak merasa janggal atau aneh dengan ukuran lapangan tempat mereka bertanding.

Rumput Lapangan Sepak Bola

FIFA sudah menerapkan ukuran lapangan sepakbola, lalu bagaimana dengan jenis rumput yang dipakai di lapangan sepakbola tersebut? Rumput yang ditanam di lapangan sepakbola standar internasional memang tidak sembarangan. Karena ada standar yang sudah menjadi pakem seperti merambat, menutup rapat tanah, tahan injakan dan membentuk jaringan di bawah daun serta diatas akar.

Rumput yang banyak dijumpai di lapangan sepakbola standar internasional berasal dari negara atau daerah subtropis dan tropis. Yang baru-baru digunakan di lapangan sepakbola adalah rumput sintetis yang ramah lingkungan. Adapun jenis rumput tropis diantaranya adalah rumput bermuda, rumput karpet, rumput zoysia matrella dan zoysia japonica. Sedangkan rumput sintetis bisa dijumpai di Stadion Old Trafford, Inggris yang menggunakan artificial grass sebagai rumput lapangan. Rumput ini akan menjadi rumput masa depan untuk lapangan sepakbola karena perawatan dan manfaatnya lebih mudah digunakan daripada rumput asli.

Demikian standar dalam ukuran membuat lapangan sepakbola menurut FIFA. Sepakbola olahraga yang di cintai hampir seluruh masyarakat dunia.

Selanjutnya : Perpustakaan Sekolah Sebagai Jantung Pendidikan
Sebelumnya: Dampak Perang Dingin bagi Dunia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar