Standarisasi Format Penulisan Karya Ilmiah Skripsi


Skripsi tentu bukan hal yang asing bagi seorang yang menempuh pendidikan tinggi, terutama untuk meraih gelar S1 atau sarjana. Dalam menulis skripsi perlu memperhatikan standar penulisan. Sebenarnya, bagaimana standarisasi penulisan karya ilmiah skripsi? Dalam artikel ini akan ditemukan jawaban pertanyaan tersebut.

Standar Format Penulisan Karya Ilmiah Skripsi

Penulisan karya ilmiah skripsi tidak dapat dilakukan semaunya, sebab bermaksud memberikan pencerahan kepada banyak orang. Isinya harus runtut dan jelas sehingga mudah dipahami. Dalam menuliskan skripsi beberapa hal yang harus menjadi perhatian yang special, adalah:

1. Bahasa

- Bahasa dalam skripsi umumnya menggunakan bahasa Indonesia EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Penulisan kata yang tidak ditemukan padanannya dalam bahasa Indonesia, dituliskan miring dan diberi arti seperlunya. Penggunaan bahasa asing pun dituliskan miring.

- Penulisan dalam bahasa asing seperti bahasa Inggris atau Arab sangat mungkin dilakukan jika dibutuhkan, dan harus standar.

2. Format

Format penulisan skripsi sudah baku, sebagai berikut:

- Latar belakang masalah

- Identifikasi dan batasan masalah

- Rumusan masalah

- Tujuan penelitian

- Kegunaan penelitian

- Kerangkan teoretis

- Penelitian terdahulu

- Metode penelitian

- Pembahasan

- Kesimpulan dan saran

- Daftar pustaka

3. Abstrak

Di dalam abstrak berisi judul skripsi, nama penulis, kata kunci, persoalan yang diteliti, metode yang digunakan, dan hasil penelitian. Abstrak ditulis tidak boleh lebih dari 250 kata dengan menggunakan satu spasi.

4. Halaman

- Halaman terdepan menggunakan huruf romawi kecil (prakata, daftar isi, abstraksi, pengesahan).

- Mulai bab pendahuluan halaman ditulis dengan angka arab, 1,2,3 dst.

- Pada halaman awal bab, nomor halaman tidak ditulis, tetapi turut dihitung.

- Nomor halaman ditulis pada bagian kanan atas dengan jarak 1,5 cm dari teks.

- Pola penomoran untuk bab, subbab, dan seterusnya adalah:

Bab dengan angka romawi, subbab dengan huruf kapital, anak subbab dengan angka arab, bagian dari anak subbab dengan huruf kecil, selanjutnya menggunakan angka arab dengan kurung, kemudian huruf kecil dengan kurung.

Ternyata, format penulisan skripsi tidak terlalu rumit dan membuat pemikiran kita pun terstruktur. Semoga artikel standarisasi format penulisan karya ilmiah skripsi ini bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya : Jangkrik Bahan Dasar Kosmetik
Sebelumnya: Sebuah Pesan dari Dua Dunia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar