Teknik Start dalam Lari Estafet


Teknik start dalam lari estafet ternyata mempengaruhi keberhasilan suatu tim lari juga. Dalam kompetisi lari estafet atau dikenal juga dengan lari bersambung dan saling bergantian mengoper tongkat kecil, membutuhkan kerja sama dan kekompakan kuat.  Bila tidak ingin menjadi pelari terakhir pada garis finish.

Lari Estafet

Jika tim regu lari estafet tidak menjaga kekompakan dan kerja sama yang baik, kemungkinan kecil untuk meraih juara. Untuk itu, diperlukan pengertian dalam mempelajari teknik start dalam lari estafet. Kesalahan kecil dalam melakukan ancang-ancang start lari pertama kali bisa mengakibatkan diskualifikasi.

Dimana seorang atlit lari dikenai sanksi tidak bisa turun dalam lari estafet gara-gara melakukan kesalahan start berturut-turut. Istilahnya disebut mencuri start. Kebayang,kan tindakan sepele demikian dianggap sebagai pelanggaran.

Yang perlu diperhatikan dalam pembahasan start dalam lari estafet adalah teknik yang dilakukan. Seperti start yang digunakan oleh pelari estafet pertama adalah start jongkok selain start melayang yang disusul pelari lainnya.

Pelari estafet pertama dituntut penuh kosentrasi dalam mengawali start dalam lari estafet. Seperti mendengarkan suara aba-aba yang diinstruksikan juri panitia. Dalam waktu detik hitungan mundur, maka terdengar suara pistol ditembakkan ke udara, maksudnya untuk melepaskan pelari pertama estafet.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam start lari estafet, sebagai berikut :

1. Penempatan masing-masing pelari di garis start harus diukur sesuai kemampuan.
2. Ada jeda waktu tunggu antara pelari kedua dan berikutnya serta dilanjutkan kemudian.
3. Pengoperan stik setelah lari dari start sebaiknya diberikan bersilang. Usahakan tidak jatuh.

Setelah memahami tentang start dalam lari estafet, diharapkan para olahragawan bersikap lebih fokus dan penuh kesadaran baik dalam kompetisi yang digelar. Yang harus diingat adalah adanya kerja sama dan kekompakan yang baik. Adapun jarak tempuh atlet pelari estafet adalah 4 x 100 meter.

Sebisa mungkin setelah atlet melesat dari garis start tongkat estafet jangan sampai terjatuh. Risikonya, pelari dalam satu tim akan langsung didiskualifikasi. Demikianlah sekelumit tentang teknik start dalam lari estafet. Semoga dengan membaca uraian di dalamnya bisa menambah prestasi lebih baik.

Selanjutnya : Mengenal Contoh Bilangan Romawi Dalam Bab Buku
Sebelumnya: Gulma Enceng Gondok
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar