Bahaya Penggunaan Steroid Binaraga


Anda tahu Ade Rai, tentu semua orang mengenal Ade yang berotot besar ini. Tidak hanya memiliki wajah yang rupawan, tubuhnya pun menawan. Memang Ade Rai adalah salah satu atlet binaraga yang hingga sekarang banyak dikenal masyarakat Indonesia.

Sebab dari Ade juga banyak pemuda terinspirasi untuk menyusul menjadi atlet binaraga. Ternyata, tidak mudah menjadi atlet binaraga berotot besar dan menawan, sehingga banyak pemula menggunakan steroid padahal sangat berbahaya. Artikel berikut akan membahas bahaya penggunaan steroid binaraga.

Steroid dan Binaraga

Steroid merupakan senyawa organik lemak sterol tak terhidrolisis, didapat dari hasil reaksi turunan dari terpena atau skualena. Bahan ini banyak digunakan untuk membentuk otot tubuh. Daftar berikut adalah jenis-jenis steroid yang sering digunakan oleh atlet binaraga dalam membentuk tubuhnya:

- Testoserone, berfungsi untuk penguatan otot.

- Durabolin, anadrol, dan dianabol, berfungsi untuk memperbesar tubuh.

- Anavar dan oxandrolone, berfungsi untuk meningkatkan stamina.

- Winstrol, berfungsi untuk meningkatkan massa otot, stamina, mengeraskan tubuh, membuat otot tubuh tampak kering.

- Trenbolone, berfungsi untuk menghilangkan lemak tubuh.

- Equipoise, berfungsi untuk membuat tubuh lebih berotot dan meningkatkan performa tubuh.

- Sustanon, merupakan steroid dengan kombinasi bahan-bahan di atas yang paling lengkap.

- Clenbuterol, berfungsi untuk meningkatkan metabolism lemak sampai 10 persen.

- Erythropoiten (EPO atau glycoprotein), berfungsi untuk menambah jumlah sel darah merah.

Binaraga adalah salah satu cabang olahraga yang memamerkan tubuh indah atletnya. Demi mendapatkan tubuh ideal, maka seorang atlet binaraga membutuhkan latihan yang keras sehingga otot-ototnya menjadi besar, begitu pula tubuhnya.

Latihan murni membutuhkan waktu yang lama, namun dengan menggunakan steroid hasil yang sama akan didapat dalam waktu lebih singkat. Sebagai contoh, jika latihan murni dengan diet yang ketat dapat membentuk tubuh dalam 6 bulan, maka dengan steroid tubuh yang berotot akan diperoleh hanya dalam 3 bulan.

Bahaya Penggunaan Steroid

Steroid dengan kecepatan pembentukan tubuh yang ampuh, ternyata berbahaya bagi tubuh pemakainya. Berbahaya sebab dapat mengganggu fungsi hati dan ginjal.

Parahnya, jika penggunaannya dalam dosis tinggi dan kurang kontrol maka akan mengakibatkan kematian. Korban penggunaan steroid sudah ada dan menimbulkan kematian. Jadi, penggunaan steroid binaraga harus dijauhi. Salam Indonesia sehat dan kuat.

Selanjutnya : Karir dan Kisah Cinta Tentang Kristen Stewart
Sebelumnya: Stempel Sebagai Tanda Pengesahan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar