Strategi Bisnis yang Harus Dilakukan Pengusaha

Strategi bisnis perlu diketahui oleh setiap orang yang memutuskan untuk menjadi pengusaha. Mengapa? Karena dengan memahami strategi berbisnis yang tepat, usaha yang dirintis akan berhasil dan mudah dalam pencapaian tujuan atau target. Untuk itu, dengan banyak membaca atau mengikuti pelatihan di berbagai tempat yang membahas tentang stratgi bisnis sangat penting, apalagi bagi pemula.

Akan tetapi, dalam mengembangkan usaha dan mengejar mimpi untuk menjadi sukses tidak bisa hanya berhenti pada membaca buku atau mengikuti berbagai seminat dan pelatihan. Butuh usaha dan kerja keras serta kemauan dari diri sendiri karena persaingan di dunia bisnis semakin ketat beberapa tahun terakhir.

Loading...

Faktor Internal dan Faktor Eksternal

Semakin hari persaingan di dunia bisnis semakin ketat. Para pelaku bisnis (pebisnis) terus dituntut untuk memikirkan dan menentukan langkah-langkah strategi sehingga perusahaan mereka terus bertahan dan mampu bersaing dengan perusahaan lain. Harapannya dengan berbagai strategi yang akan diterapkan membawa bisnis yang dijalankan unggul dalam menghadapi persaingan.

Pelaku bisnis seharusnya mengombinasikan faktor internal (sumber daya yang dimiliki) dan faktor eksternal (persaingan di pasar) usaha tersebut dalam menentukan model dan konsep bisnis yang akan digunakan sehingga semua komponen yang ada dapat dimaksimalkan. Setelah kedua faktor tersebut dianalisa, maka pelaku bisnis baru bisa menetapkan strategi yang akan digunakan dalam menjalankan dan memajukan usahanya.

Maksud dari strategi dalam bisnis disini adalah perencanaan sistematis atau keseluruhan rencana yang akan digunakan yakni sumber-sumber daya yang dimiliki dalam menciptakan dan membawa perusahaan pada posisi yang menguntungkan sehingga tujuan perusahaan segera tercapai.

Strategi Bisnis

Strategi-strategi dalam bisnis yang bisa diterapkan dalam mempertahankan dan membawa usaha atau bisnis yang dijalani menjadi unggul adalah:

  • Memulai dengan Passion. Jika ingin mencapai target dalam dunia bisnis, maka sebaiknya mulai merintis bisnis sesuai dengan passion kita. Bekerja sesuai dengan passion (kemampuan dan hobi) akan lebih mudah karena ketika mencapai titik jenuh, kita akan tahu bagaimana cara mengatasinya.
  • Membuat Perencanaan Usaha. Perencanaan usaha penting untuk dibuat sehingga bisa menjaga jalur kita dalam menjalankan usaha tersebut. Artinya dalam menjalankan bisnis kita tidak berbelok dari jalur yang sudah ditentukan sehingga kemungkinan untuk gagal pun semakin kecil.
  • Unik dan inovatif. Setelah perencanaan dibuat, kita harus memikirkan image yang akan dibentuk dari usaha tersebut. Harus bisa terus berinovasi sehingga produk yang dihasil tidak ketinggalan zaman dan unik. Karena sesuatu yang baru dan unik mampu menarik perhatian orang.
  • Konsumen adalah mitra. Pengusaha harus bisa melayani konsumen mereka dengan baik, karena apalah artinya sebuah produk jika tidak ada konsumen yang menggunakan produk tersebut. Pepatah lama mengatakan bahwa pembeli adalah raja. Jadi sangat penting untuk memperlakukan konsumen sebaik mungkin. Jadikanlah mereka sebagai mitra kita karena mereka akan membawa kita menuju tujuan yang ingin kita capai dalam berbisnis.
  • Jangan takut gagal. Bukan berarti harus gagal dulu baru sukses. Mungkin ada pihak tertentu yang menjadi sukses tanpa melewati kegagalan, tetapi kegagalan itu bukan kehancuran. Justru kegagalan itu harus dilihat sebagai batu loncatan untuk mencapai kesuksesan yang ingin diraih.

Inilah beberapa strategi dalam bisnis yang perlu diperhatikan atau diterapkan dalam meraih kesuksesan. Menyusun strategi yang tepat itu sangat penting karena strategi bisnis yang tepat akan membawa kita menuju kesuksesan yang tepat pada waktu yang tepat. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin memulai bisnis.

Loading...
Selanjutnya : Syarat-syarat Perkawinan dengan Warga Negara Asing
Sebelumnya: Makalah Tentang Sejarah Perkembangan Hukum Diplomatik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar