Strategi Pembelajaran


Segala sesuatu yang dimaksudkan untuk transfer pengetahuan atau budaya perlu diajarkan dengan cara tertentu. Cara tertentu lazim disebut dengan strategi, sehingga cara tertentu untuk proses pembelajaran disebut dengan strategi pembelajaran. Dalam artikel berikut akan dibahas mengenai strategi pembelajaran.

Strategi pembelajaran

Strategi pembelajaran berkembang mengikuti kemajuan bidang pendidikan. Semuanya memiliki maksud yang sama, yaitu transfer ilmu pengetahuan yang maksimal.

Pengetahuan yang baik, namun disampaikan dengan strategi yang buruk tentu tidak akan sampai sesuai harapan. Peserta didik atau siswa tidak bertambah ilmu pengetahuannya, tetapi semakin bingung dan berujung pada kebencian terhadap mata pelajaran tertentu.
Strategi pembelajaran yang banyak dilakukan saat ini adalah:

1. Strategi pembelajaran ekspositori

2. Strategi pembelajaran inkuiri

3. Strategi pembelajaran berbasis masalah

4. Strategi pembelajaran kooperatif

5. Strategi pembelajaran konstektual

6. Strategi pembelajaran afektif

7. Strategi pembelajaran kreatif produk

8. Strategi pembelajaran inkuiri aktif

9. Strategi pembelajaran berbasis proyek

10. Strategi pembelajaran quantum

11. Strategi pembelajaran siklus

12. Strategi pembelajaran berbasis komputer dan berbasis elektronik

13. Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir

Penggunaan strategi pembelajaran harus menyesuaikan kebutuhan peserta didik. Kebutuhan yang dimaksud adalah mata pelajaran yang disampaikan, ketersediaan alat dan teknologi, budaya masyarakat, dan latar belakang siswa.

Sebagai contoh, strategi pembelajaran berbasis komputer tentunya harus didukung dengan teknologi, yaitu ketersediaan komputer sebagai alat. Apabila tidak dilakukan penyesuaian, maka strategi pembelajaran terlihat hebat di atas kertas saja.

Keberhasilan suatu strategi pembelajaran juga bergantung pada penyampaiannya, dalam hal ini adalah guru. Guru harus menguasai strategi yang digunakan agar mampu berhasil maksimal. Strategi pembelajaran juga dapat diberikan untuk per individu siswa sesuai dengan kebutuhannya.

Tidak sederhana memang menerapkan sebuah strategi pembelajaran. Perlu semangat pantang menyerah dan tentunya keinginan untuk membuat seseorang menjadi lebih baik dan mengerti harus besar.

Guru baik tentu akan melakukan apa pun yang terbaik untuk hasil maksimal dalam prosees transfer pengetahuan yang dilakukannya. Siswa dengan senyum puas tanda mengerti tentu lebih membahagiakan seorang guru sejati, dibandingkan dengan bongkahan emas murni di toko emas.

Demikian sedikit tambahan pengetahuan tentang strategi pembelajaran. Semoga bermanfaat, dan hidup guru Indonesia!

Selanjutnya : Pengetahuan Kita Tentang Hidup Sehat
Sebelumnya: Mengenal Maskapai dan Pesawat Tiger Airways
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar