Struktur dan Pengertian Organisasi Pemerintahan Pusat


Pengertian organisasi pemerintahan pusat adalah lembaga negara yang duduk dalam pemerintah pusat yang dibagi dalam tiga struktur.

Yakni Presiden, Wakil Presiden, dan Menteri. Tiap tingkatan miliki tugas dan kewenangan serta fungsi masing-masing. Berikut penjelasan ketiga tingkatan tersebut.

Presiden

Adalah posisi puncak atau pucuk pimpinan dalam struktur organisasi pemerintahan pusat. Sebagai orang nomor satu di sebuah negara, Presiden miliki kekuasaan eksekutif dan legislatif.

Secara eksekutif Presiden miliki kewenangan memerintah menurut UUD. Secara legislatif, Presiden dan DPR membuat UU serta menyusun APBN.

Presiden juga miliki kewenangan yudikatif. Misalnya memberi grasi, amnesti, abolisi, serta rehabilitasi. Presiden berakhir masa kepemimpinannya bila jabatannya selesai, mengundurkan diri, meninggal, atau diberhentikan oleh DPR dengan alasan tertentu.

Wakil Presiden

Adalah struktur kedua dalam organisasi pemerintahan pusat di bawah Presiden. Baik Presiden dan wakilnya miliki masa jabatan yang sama (lima tahun dua periode). Sesudahnya, bisa dipilih kembali bila rakyat masih menginginkannya.

Tugas Wakil Presiden sendiri sejatinya hanya fokus di dua hal saja. Pertama, Wakil Presiden membantu Presiden dalam memenuhi kewajibannya memimpin sebuah bangsa.

Kedua, Wakil Presiden menggantikan posisi presiden bila meninggal, mengundurkan diri, dan tak bisa melanjutkan sisa jabatannya karena alasan tertentu.

Menteri

Dalam pengertian organisasi pemerintahan, para Menteri dalam struktur organisasi pemerintahan pusat dibagi menjadi empat kelompok.

Menteri Koordinator, Menteri Negara Memimpin Departemen, Menteri Negara tidak Memimpin Departemen, dan Pejabat Setingkat Menteri Negara. Tugas utama Menteri adalah membantu Presiden yang membidangi pelbagai urusan tertentu.

Menteri diangkat dan diberhentikan oleh Presiden. Ini secara berarti para Menteri bertanggung jawab langsung kepada kelapa negara.

Karena Indonesia miliki sistem pemerintahan presidensial, maka dalam organisasi pemerintahan kabinet presidensial mengelompokkan menteri dalam tiga bagian.

Menteri Koordinator, Menteri Departemen, dan Menteri Negara. Terakhir, dalam struktur organisasi pusat jangan dilupakan peran Pejabat

Setingkat Menteri

Para pejabat ini miliki kedudukan setingkat dengan para menteri di atas. Mereka yakni Jaksa Agung, Sekretaris Kabinet, Kapolri, Panglima TNI, Kepala BIN, Kepala UKP4, dan Kepala BKPN.

Pengertian organisasi pemerintahan pusat adalah sinergi dari struktur di atas yang bekerja sama dalam menjalankan roda pemerintahan. Jika salah satu roda di atas tidak bekerja, maka pemerintahan pusat tidak akan berjalan maksimal.

Selanjutnya : Mengenal Unsur-unsur Novel
Sebelumnya: Larik Puisi tentang Persahabatan Maknanya: Puisi Sufistik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar