Struktur Lapisan Atmosfer Mulai dari yang Terdekat dengan Permukaan Bumi ke Atas


Banyak rahasia alam begitu luar biasa yang Tuhan ciptakan untuk manusia. Ciptaan-ciptaan  ini saling bekerja sama dan memiliki tugas serta fungsi yang selaras. Struktur lapisan atmosfer mulai dari yang terdekat dengan permukaan bumi ke atas adalah salah satu contohnya. Memberikan manfaat luar biasa bagi keberlangsungan mahluk hidup di bumi, termasuk manusia. Dengan adanya atmosfer, kehidupan di muka bumi menjadi aman dan terlindungi.

Pengertian Atmosfer

Kata atmosfer pastinya sudah tidak asing lagi. Karena informasi tentang atmosfer sudah diberikan sejak Sekolah Dasar (SD) hingga Perguruan Tinggi (PT)dalam mata pelajaran sains dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Adapun pengertiannya, secara sederhana dapat diartikan sebagai lapisan udara yang menyelubungi dan melindungi bumi.

Lapisan ini memiliki kandungan uap, udara, gas, dan partikel-partikel yang memiliki ketebalan 300 km. Jika diukur dari permukaan bumi, atmosfer berada dari 0 km hingga 560 km. Jarak yang cukup tinggi.

Unsur dan Manfaat Atmosfer

Atmosfer terdiri dari beberapa lapisan unsur atau kandungan, yaitu:

  • Kandungan air sebanyak 7 %.
  • Gas argon sebanyak 1%.
  • Gas karbondioksida sebanyak 0,01-01 %.
  • Gas nitrogen sebanyak 78 %.
  • Ozon sebanyak 0-0,01 %.

Adapun manfat dari lapisan atmosfer adalah :

  1. Sebagai pelindung bagi bumi. Ini merupakan fungsi utamanya.
  2. Menetralisir atau menghancurkan benda-benda yang jatuh dari luar angkasa dengan bantuan gaya gravitasi bumi.
  3. Menetralisir sinar ultraviolet yang sangat berbahaya apabila mengenai kulit manusia. Dengan adanya atmosfir, sinar ultraviolet sudah tersaring terlebih dahulu sehingga tidak berbahaya ketika sampai ke permukaan bumi.
  4. Lapisan atmosfer menetralisir suhu udara ketika siang dan malam hari. Akibatnya, manusia tidak merasakan terik yang sangat ketika siang hari, dan dingin menggigil ketika malam hari.
  5. Salju dan hujan merupakan salah satu hasil dari lapisan atmosfer yang dapat menciptakan atau mempengaruhi cuaca. Hal ini pula yang membuat terjadinya musim dingin di beberapa belahan bumi.

Inilah beberapa fungsi atmosfer yang sangat bermanfaat dan dapat dirasakan oleh manusia dibumi. Walau kita tidak menyadari keberadaan atmosfer, namun manfaat dan fungsinya sangatlah terasa untuk keberlangsungan hidup manusia. Selanjutnya, kita akan membahas mengenai struktur lapisan atmosfer mulai dari yang terdekat dengan permukaan bumi ke atas.

Lapisan Atmosfer

Adapun lapisan-lapisan atmosfer terdiri dari beberapa bagian, yaitu troposfer, stratosfer, mesosfer, ionosfer, termosfer, dan eksosfer. Ada enam lapisan atmosfer. Setiap lapisan memiliki fungsi dan peran berbeda-beda. Sehingga dapat melakukan tugasnya masing-masing dan saling bersinergi untuk menyelamatkan bumi dari benda-benda luar angkasa.Struktur lapisan atmosfer mulai dari yang terdekat dengan permukaan bumi ke atas adalah anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Bukti tak terbantahkan atas kuasa penciptaanNya.

Selanjutnya : Android untuk Best Value
Sebelumnya: Belajar Pidato Lucu Bahasa Jawa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar