Struktur Pasar dan Persaingan Harga dalam Islam

Islam tidak menganjurkan pemeluknya untuk hanya memikirkan kehidupan akhirat semata. Karena hidup di dunia yang menunjang ibadah menuju kebahagiaan akhirat juga diperlukan. Rasulullah mencontohkan seseorang untuk usaha berdagang.

Namun dalam berdagang juga perlu diketahui struktur pasar dan persaingan harga dalam Islam. Karena setiap hidup kita di dunia, Islam sudah mengaturnya dengan rapi. Hal tersebut agar supaya umat manusia tidak bingung menjalani hidup di dunia.

Struktur pasar secara umum dikategorikan menjadi dua yaitu pasar persaingan sempurna dan persaingan tidak sempurna. Tentunya yang diinginkan di dunia pasar adalah persaingan sempurna.

Kenapa persaingan sempurna? Karena pasar dengan persaingan sempurna cenderung adil antara semua pihak. Namun tidak mudah menerapkan persaingan ini di dunia pasar. Karena masing-masing pedagang berharap dirinya lah yang memperoleh keuntungan lebih tinggi dari pedagang lainnya. Begitu juga dengan sebuah perusahaan.

Persaingan harga pasar yang sempurna, tentunya sesuai dengan kesepakatan pasar. Yang semua itu juga sudah diatur dalam islam, bahwa tidak merugikan salah satu pihak. Persaingan harga pasar, harus ditentukan dengan kesepakatan bersaa yang tentunya tidak merugikan pedagang lain, pembeli dan komponen yang lainnya.

Islam memerintahkan untuk tidak riba dalam berdagang. Antara berdagang dan riba sudah sangat berbeda. Maka antara kedua hal tersebut tidak dapat disamakan. Allah menghalalkan berdagang dan mengharamkan riba.

Rasulullah SAW sudah mencontohkan cara berdagang yang baik. Dengan cara jujur Rasulullah berdagang. Bahkan beliau memberitahukan kepada pedagang perihal kualitas barang dagangan.

Rasulullah menunjukkan barang mana yang memilii kualitas bagus tentunya dengan harga yang sesuai, dan mana barang dagangn yang kualitasnya sudah tidak bagus. Bahkan Rasulullh menyebutkan keuntungan yang diambil dari dagangan tersebut.

Jujur bukanlah penghalang rezeki seseorang karena Allah lah yang menentukan rezeki seseorang. Bahkan Allah akan membuka pintu rezeki yang lebih baerkah bagi pencari rezeki yang jujur. Ketika anda sudah memperoleh pengetahuan tentang struktur pasar dan persaingan harga dalam Islam, semoga dapat membimbing Anda menuju usaha dagang yang syar’i.

Loading...
Selanjutnya : Materi Struktur Data dalam Pemograman Java
Sebelumnya: Cara Mudah Mempelajari Trick dalam Billiard
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar