Struktur Penulisan Karya Tulis Ilmiah Secara Umum

Sebuah karya tulis tidak dapat dibuat secara sembarangan. Segala sesuatunya memiliki aturan yang berlaku sehingga dapat mencapai standar yang telah ditentukan. Saat membuat karya tulis ilmiah perlu diperhatikan struktur penulisan karya tulis ilmiah yang baik. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat suatau karya tulis ilmiah

Untuk membuat karya tulis ilmiah, struktur pertama yang harus diperhatikan adalah pendahuluan. Pendahuluan merupakan uraian yang berisi tentang latar belakang dibuatnya karya tulis tersebut. Dapat berupa fakta-fakta terkini, kejadian-kejadian terkini, dan berita yang sedang hangat nan kontroversial di publik.

Komponen yang kedua adalah dasar teori. Yang dimaksud dasar teori adalah teori yang terpercaya biasanya dari referensi-referensi yang sudah terjamin sehingga dapat menjadi landasan kerya tulis yang baik. Dapat berupa buku, jurnal maupun hal-hal lainnya yang sudah terperaya dan dapat dijamin teorinya.

Setelah itu Anda harus menentukan metode apa yang Anda gunakan dalam melakukan penelitian sehingga dapat memperkuat dan membuktikan teori yang sudah ada. Metode diperlukan supaya jalannya penelitian menjadi tertib teratur.

Usai melaksanakan metode penelitian Anda, data-data yang anda peroleh dapat segera diolah menjadi data yang lebih rapi dan efisien. Pengolahan data kemudia disajikan boleh dalam bentuk grafik, tabel maupun presentase.data yang diperoleh harus valid, tidak berupa pendapat sendiri atau asumsi seseorang yang tidak bersangkutan dengan penelitian Anda.

Selanjutnya, Anda harus melakukan analisis  data yang telah Anda peroleh. Analisis dapat berupa pembuktian apakah data yang diperoleh sesuai dengan teori yang telah ada atau tidak. Apabila tidak sesuai dengan teori Anda dapat memperkirakan penyebab ketidak sesuaian data dan teori yang Anda miliki. Selain penyesuaian teori, Anda dapat membubuhkan fakta-fakta terkini dengan perolehan data.

Hal terakhir yang umum harus Anda sertakan adalah kesimpulan. Karena dengan kesimpulan inti dari semua tulisan dapat terangkai lebih mudah dimengerti. Apabila tidak ada kesimpulan, maka karya tulis Anda tidak akan lengkap dan tidak memenuhi standar penulisan sebuat karya tulis ilmiah.Tersebutlah struktur penulisan karya tulis ilmiah yang baik. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Penyebab Sakit di Bagian Bawah Perut
Sebelumnya: Tahapan Struktur Pembuatan Amdal
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar