Struktur Perusahaan


Struktur perusahaan adalah pembagian dan susunan tugas antara bagian dan posisi yang menjelaskan pembagian aktivitas kerja dan memerhatikan hubungan fungsi serta aktivitas hingga batas-batas tertentu. Tujuan pembuatan struktur sebuah perusahaan adalah untuk membuat roda perusahaan berjalan efektif, efesien, dan optimal. Perusahaan akan membagi sejumlah tenaga kerjanya dalam bagian-bagian yang sesuai dengan keahliannya. Sehingga, setiap karyawan memiliki gambaran yang jelas mengenai fungsi, posisi, dan juga haknya.

Struktur sebuah perusahaan bisa dikatakan sebagai garis hierarki yang menjelaskan komponen-komponen yang menyusun perusahaan, di mana setiap sumber daya manusia yang berada di lingkungan perusahaan tersebut mempunyai fungsi dan posisi masing-masing. Secara garis besarnya, terdapat lima jenis struktur dari perusahaan, yaitu sebagai berikut.

•    Struktur organisasi fungsional, yakni susunan perusahaan yang didasarkan pada fungsinya masing-masing, misalnya bagian produksi, bagian pemasaran, bagian personalia, bagian pembelajaan, dan bagian umum.
•    Struktur organisasi proyek, yaitu susunan perusahaan yang dibentuk untuk mengerjakan suatu proyek perusahaan dan akan dibubarkan jika proyek sudah selesai.
•    Struktur organisasi matriks, yakni susunan yang dibentuk guna mengerjakan beragam proyek yang dikembangkan perusahaan.
•    Struktur organisasi usaha, yakni susunan organisasi pada perusahaan besar yang disusun berdasarkan adanya pengembangan produk dan riset-riset usaha. Sehingga, komponennya lebih luas.
•    Struktur organisasi tim kerja, yakni struktur organisasi temporal yang biasanya dibentuk dalam kondisi mendesak atau adanya proyek dadakan.

Struktur ini dibentuk dari anggota personil yang andal dari perusahaan.
Setelah mengetahui struktur perusahaan, tentunya Anda juga harus tahu tentang jabatan perusahaan yang merupakan pemimpin dari masing-masing struktur organisasi di atas. Personil-personil yang ahli dalam bidangnya akan ditunjuk atas kesepakan para pemilik perusahaan. Mereka yang akan menjalankan tugas dan fungsinya sebagai para pemimpin organisasi pada perusahaan. Secara umum, jabatan dalam perusahaan di antaranya sebagai berikut.

•    Dewan direksi, tugasnya memimpin dan menentukan arah perusahaan. Umumnya, terdiri atas satu orang direktur utama, 3 orang wakil direktur, dan 6 orang direktur.
•    Manajer, tugas utamanya adalah memimpin secara menyeluruh bidang manajerial yang dibebankan.
•    Divisi atau departemen, biasanya pada bagian divisi dipimpin oleh kepala divisi yang bertugas memimpin bidang tugas dari departemen yang dibebankan kepadanya.
•    Staf-staf dan para pekerja.

Semoga artikel tentang struktur perusahaan di atas dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Selanjutnya : Fungsi dan Struktur Protein
Sebelumnya: Strategi Kepuasan Konsumen
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar