Berbagai Ritual Suku Dayak Asli Kalteng

Suku Dayak merupakan suku asli yang mendiami pulau Kalimantan. Suku Dayak tersebar di provinsi Kalimantan Barat, Utara, Tengah, hingga Timur. Suku Dayak terdiri atas berbagai rumpun. Misalnya, Suku Dayak asli Kalteng terdiri atas dua bagian, yaitu Suku Dayak Hulu dan Suku Dayak Hilir.

Suku Dayak Hulu terdiri atas rumpun Dayak Ot Danum, Dayak Siang, Dayang Taboyan, Dayak Lawangan, Dayak Murung, Dayak Dusun, dan Dayak Maanyan. Sementara Suku Dayak Hilir terdiri atas rumpun Dayak Sampit, Dayak Ngaju, Dayak Katingan, dan Dayak Bakumpai. Suku Dayak di Kalimantan hidup berdampingan dengan berbagai suku lain pendatang, seperti suku Jawa, Madura, dan Bugis.

Ritual Suku Dayak

Suku Dayak dikenal memiliki berbagai jenis ritual atau upacara tradisional. Hingga saat ini, ritual tersebut masih dilaksanakan dan dilestraikan. Ritual tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Wadian, yaitu ritual yang dilakukan untuk mengobati orang sakit. Tradisi ini terdapat pada Suku Dayak Bawo, Maanyan, Dusun, Benuaq, Bukit, dan Lawangan. Upacara ini dipimpin oleh seorang tabib, yaitu orang yang dipercaya dapat menyembuhkan orang yang sakit. Kesembuhan orang yang sakit bergantung dari sakit yang dideritanya.

2. Balian, yaitu ritual yang juga dilakukan untuk mengobati orang sakit. Upacara ini juga dipimpin oleh tabib, orang yang menurut masyarakat sekitar dipercaya memiliki kekuatan luar biasa sehingga dapat menyembuhkan orang sakit.

3. Tiwah, yaitu ritual pemindahan tulang-tulang dari keluarga atau kerabat dekat yang telah meninggal. Tujuannya adalah untuk menghormati arwah orang yang telah meninggal tersebut.

4. Mapalas, yaitu ritual yang dilakukan untuk membersihkan diri dari berbagai bala dan bahaya. Upacara ini juga dilakukan untuk menjauhkan diri dari penyakit dan segala bentuk kesialan. Upacara ini mirip dengan acara “ruwatan” yang dikenal pada masyarakat Jawa.

5. Potong Pantan, yaitu upacara penyambutan tamu yang datang ke wilayah suku Dayak. Upacara ini dilakukan masyarakat adat kepada tamu yang mengunjungi provinsi Kalimantan Tengah.

Demikian berbagai macam ritual yang dilakukan Suku Dayak asli Kalteng. Ritual tersebut masih dilakukan dan dipertahankan oleh masyarakat ada setempat. Bahkan, oleh pemerintah daerah setempat, ritual ini dijadikan kearifan lokal yang senantiasa harus dijaga dan dilestarikan.

Loading...
Selanjutnya : Baju Trend Remaja
Sebelumnya: Proses Terbentuknya Batuan Beku
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar