Ragam Suku Di Afrika


Ada banyak suku di afrika. Sebab, Afrika sendiri terbagi menjadi lima, yakni Afrika Utara, Afrika Tengah, Afrika Selatan, Afrika Barat, dan Afrika Timur. Seperti yang banyak diketahui bahwa penduduk asli Afrika didominasi oleh masyarakat asli yang berkulit hitam. Masyarakat asli ini sangat tidak suka jika dipanggil negro. 

Letak Benua Afrika sendiri berada di daerah Barat Daya dari Benua Asia. Di mana pada zaman dulu kala, awalnya dua benua ini menyatu menjadi satu benua. Namun, kedua benua ini akhirnya terpisah karena adanya pembangunan terusan Suez di Mesir yang menjadi perairan.

Afrika sendiri juga memiliki variasi iklim di beberapa daerahnya. Seperti terjadinya perbedaan iklim di daerah pantai, gurun, dan juga di daerah yang kering. Karenanya, di Afrika terdapat iklim laut, iklim tropis, dan iklim subtropis.

Di Afrika juga terdapat flora dan fauna yang juga kembali dipengaruhi oleh keadaan iklim setempat. Seperti, di kawasan subtropis yang didominasi oleh sabana dan stepa. Sedangkan, kaktus hanya tumbuh di kawasan gurun.

Hutan hujan juga tumbuh di daerah tropis Afrika. Fauna yang berada di sana ada zebra, kuda nil, badak, dan masih banyak binatang lainnya yang berukuran tubuh lebih besar dibandingkan yang hidup di kawasan benua Asia. Warga kulit hitam di benua ini memang mendominasi. Namun, ada juga masyarakat dari keturunan Barbar, Asia, dan juga keturunan Arab.

Penduduk asli suku di afrika dari benua ini yakni suku Pigmy, Bushman, Zhun, Tuareg, Negroid, dan juga Sahrawi. Banyaknya suku bangsa yang mendiami benua ini menyebabkan hampir 800 lebih bahasa digunakan. Sekalipun demikian, bahasa Arab, Hausa, dan Swahili-lah jenis bahasa yang paling banyak digunakannya.

Agama yang banyak dianut di suku di Afrika adalah agama Kristen, Islam, dan juga beberapa aliran kepercayaan lainnya. Masyarakat Afrika juga terbiasa hidup dengan menghormati perbedaan yang ada.

Sekalipun banyak sekali perbedaan adat budaya dan juga ragam bahasa yang berada di sekeliling mereka. Luasnya kawasan di Afrika serta banyaknya kekayaan alam yang ada di sana menyebabkan benua ini sangat menarik untuk dikunjungi para wisatawan mancanegara.

Selanjutnya : Mengenal Asal-usul Kucing Persia
Sebelumnya: Sejarah Terbentuknya Bumi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar