Sumber Bahan Makanan Vitamin K Dan Fungsinya Untuk Tubuh


Sumber bahan makanan vitamin k dalam kehidupan kita termasuk cukup banyak. Dalam tubuh, keberadaan vitamin K sangat penting sebab banyak unsur tubuh yang proses pembentukannya menggunakan vitamin K sebagai salah satu bahan dasarnya.

Secara teknis kita dapat mengatakan bahwa keberadaan vitamin K di dalam tubuh kita salah satunya adalah untuk proses pembekuan darah. Pada saat kita terluka, maka darah akan mengalir keluar.Maka, tubuh harus mempunyai kemampuan untuk menghentikan aliran darah tersebut.

Pada saat tubuh terluka dan darah mengalir keluar, vitamin K membantu tubuh untuk mengeluarkan sebuah elemen yang disebut prothrombin. Elemen inilah yang mempunyai fungsi membekukan darah. Selain untuk proses pembekuan darah, vitamin K yang ada di dalam tubuh juga mempunyai kemampuan untuk proses pembentukan dan perbaikan tulang.

Vitamin K dalam tubuh dapat melakukan proses sintesis osteocalcin. Osteocalcin adalah protein yang terdapat di dalam tulang. Pada kondisi ini, kalsium berubah menjadi hablur. Dalam kondisi tersebut, maka vitamin K dapat membantu pencegahan proses osteoporosis.

Vitamin K masih banyak fungsinya bagi tubuh kita. fungsi tersebut adalah membantu kondisi dan fungsi hati. Dengan adanya vitamin K ini, maka hati dapat berfungsi sebaik-baiknya dan selalu terjaga kesehatannya. Oleh karena itulah, maka kita harus selalu menjaga dan mengonsumsi bahan-bahan yang mengandung vitamin K.

Untuk anak-anak keberadaan vitamin K sangat penting untuk membantu peningkatan daya tahan tubuh anak terhadap serangan penyakit dan mampu mencegah penyakit kanker. Dengan demikian, maka vitamin K dapat memperpanjang usia seseorang.

Vitamin K dibedakan menjadi 3 (tiga), yaitu vitamin K1 atau disebut dengan nama phylloquinone dan didapatkan dari tumbuh-tumbuhan; vitamin K2 adalah vitamin yang dihasillan oleh bakteria usus dan disebut dengan nama menquinones, dan vitamin K yang ketika adalah vitamin K3 dan disebut dengan menadione yang merupakan bahan sintetik.

Bahan  makanan yang banyak mengandung vitamin K dan disebut-sebut sebagai sumber vitamin K adalah makanan dari kobis bunga, kobis, sayuran berdaun hijau gelap, putih telur, hati, daun salad, kacang soya, gandum, yogurt, asparagus dan bebebrapa bahan lainnya. Tetapi, sesungguhnya, vitamin untuk tubuh kita banyak diproduksi dalam tubuh kita melalui proses sintesis bakteri dalam usus kita.

Selanjutnya : Pembagian Jenis-Jenis Software
Sebelumnya: Mengungkap Misteri Kedalaman Laut Atlantik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar