Sumber Daya Alam Mineral Di Indonesia


Sumber daya alam mineral adalah bahan-bahan galian yang di dalamnya terkandung unsur-unsur kimia, seperti mineral, bijih, dan lain sebagainya.

Sudah tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia merupakan negara dengan sumber daya alam yang berlimapah ruah. Salah satu sumber daya alam yang menyumbangkan pada devisa negara adalah mineral.

Terdapat tiga jenis sumber daya mineral jika dilihat dari bentuknya, yakni sumber daya mineral berbentuk padat, sumber daya mineral berbentuk cair, dan sumber daya mineral berbentuk gas.

Sumber daya mineral berbentuk padat, misalnya emas, perak, tembaga, dan lain-lain. Sumber daya mineral berbentuk cair, misalnya minyak bumi, yodium, dan lain-lain. Sumber daya mineral berbentuk gas, yakni gas alam.

Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya mineral yang berlimpah, salah satunya adalah sumber daya mineral yang ada di Kalimantan.

Hal ini terbukti dengan banyaknya perusahaan-perusahaan pertambangan di Kalimantan. Data tahun 2009 menyebutkan bahwa ada sekitar 2.047 kuasa pertambangan yang dikeluarkan oleh pemerintah kabupaten yang tersebar di berbagai provinsi di Kalimantan.

Selain sumber daya mineral batu bara, Indonesia juga dikenal dengan kandungan mineral padat, yakni berupa emas. Tanah Papua merupakan tanah dengan kandungan emas yang berlimpah. Tidak heran kalau Amerika Serikat melirik Papua sebagai lahan investasinya.

Dalam sehari, Freeport mampu menghasilkan 40,8 ton emas, dan jika dirata-rata dalam sehari penghasilan emas Freeport mencapai 55,89 miliyar rupiah.

Selain emas, Freeport juga melaporkan bahwa dalam sehari bisa menghasilkan 400 juta kg tembaga. Apabila untuk 1 kg tembaga seharga 55.000 rupiah, maka dalam satu hari Freeport mampu menghasilkan uang sebanyak 60,27 miliyar rupiah.

Selain emas dan tambaga, tanah Papua juga mengandung minyak dan gas. Kandungan minyak dan gas di Papua ini diungkapkan oleh menteri ESDM Jero Wacik. Rencananya pemerintah akan melakukan kerja sama dengan negara Papua Nugini dalam hal energi.

Indonesia merupakan negara penghasil sumber daya mineral minyak yang cukup besar. Berdasarkan data 2010, penghasilan minya Indonesia dalam satu hari kurang lebih mencapai 912.899 barrel.

Sumber daya alam mineral di Indonesia memang sangat mengagumkan, namun pengelolaan yang kurang baik dari pemerintah menjadikan negara hanya bisa menikmati seikit dari kekayaan alam. Justru perusahaan asinglah yang banyak mengolahnya.

Selanjutnya : Tanda Bayi Terkena Paru-Paru Basah
Sebelumnya: Kapal Perang Tercanggih di Dunia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar