Beberapa Sumber Penyimpangan Sosial Teori Dependency


 

Pengertian Teori Dependency

Teori dependency atau teori ketergantungan merupakan teori yang membahas mengenai keadaan ekonomi suatu negara yang sangat dipengaruhi oleh keadaan ekonomi negara lain. Dalam arti perekonomian negara tersebut berada di bawah kendali perkonomian negara lain yang biasanya lebih kuat.

Hal ini menyebabkan sebuah negara akan terus berada di bawah bayang-bayang ekonomi negara lain. Keadaan seperti itu akan menyebabkan adanya penyimpangan sosial yang rawan terjadi di masyarakat sebuah negara yang ekonominya dipengaruhi oleh negara lain.

Akan tetapi teori ini bukan tanpa penyimpangan. Beberapa sumber penyimpangan sosial teori dependency bisa terlihat dari kelemahan-kelemahan teori tersebut.

Di antaranya teori ini dianggap hanya menyalahkan kapitalisme, makna ketergantungan yang bersifat dikotomis, teori ini lebih bersifat normatif, dan juga subjektif, dan beberapa kelemahan lainnya.

Sedangkan penyimpangan sosial yang terjadi akibat dari adanya kekuatan kapitalisme atau pengaruh ekonomi yang kuat dari negara lain bisa berupa kuatnya ekonomi negara yang berkuasa. Kekuatan ini membuat negara yang ekonominya terpengaruhi pembangunannya justru akan terhambat.

Negara yang ekonominya terpengaruhi akan lebih banyak menerima dampak daripada keuntungan, dan menjadi negara yang lebih banyak ditanami saham asing. Sedangkan negara itu sendiri tidak bisa menikmati secara penuh hasil alamnya.

Teori dependency memiliki kekuatan dan kelemahan seperti halnya berbagai macam teori, ada yang diterima, disanggah, disetujui, ditolak dan lain sebagainya. Beberapa kelemahan teori dependency sudah disebutkan dalam paragraf sebelumnya.

Sedangkan kekuatan dari teori ini di antaranya teori ini lebih mengarah pada dunia internasional. Membahas mengenai kelas-kelas di dalam negara atau antarnegara, mengutarakan mengenai akibat-akibat dari politik luar negeri terutama bagi negeri di pinggiran atau yang ekonominya dipengaruhi, dan masih banyak lagi.

Pembahasan mengenai sumber penyimpangan sosial teori dependency merupakan pembahasan yang akan bersifat panjang dan alot. Akan ada banyak reaksi, dukungan, dan kritikan terhadap pembahasan ini.

Pada dasarnya teori ini seperti berusaha untuk membuka mata banyak orang mengenai dampak buruk ketergantungan, akan tetapi ada beberapa pendapat yang menguatkan mengenai kelemahan teori ini yang memerlukan perbaikan pandangan mengenai konsep ketergantungan.

 

Selanjutnya : Bisnis Tokek Funtastis
Sebelumnya: Menikmati Kelezatan Berbagai Jenis Makanan Filipina
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar