Sumber Penyimpangan Sosial Teori Dependency


Sumber penyimpangan sosial teori dependency dapat diketahui dengan melakukan suatu riset eksperimen. Riset eksperimen ini adalah pengujian terhadap efek media pada suatu keadaan yang dikendalikan dengan hati-hati. Kendati penelitian dengan riset eksperimen ini tak mewakili keseluruhan angka statistik namun pengantisipasian hal ini dapat dilakukan dengan mengelompokkan objek penelitian ke dalam dua tipe dengan memberlakukan keadaan yang berbeda.

Teori Dependency

Teori dependency pertama kali dikemukakan oleh Sandra Ball Rokeach dan Melvin Defleur. Pendekatan dengan teori dependency ini menolak asumsi sebab akibat dari awal hipotesis penguatan. Pada model ini diusulkan suatu relasi dengan sifat yang terpadu antara media, pendengar, dan sistem sosial yang lebih besar.

Pada teori dependency, perilaku masyarakat tergantung pada informasi yang diperoleh dari media massa dalam memenuhi kebutuhan informasi dan mencapai tujuan tertentu dari proses konsumsi media masa. Tetapi ketergantungan setiap khalayak pada media massa tidak sama. Sumber ketergantungan ini pada media massa ini salah satunya adalah keadaan sosial. Sistem media dan institusi sosial saling berhubungan terhadap masyarakat dalam menciptakan minat dan kebutuhan. Pengukuran efek yang dihasilkan media massa kepada masyarakat dapat dilakukan menggunakan riset eksperimen.

Albert Bandura dan rekan-rekannya melakukan suatu riset eksperimen yang sangat berpengaruh pada tahun 1965. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efek kekerasan akibat tayangan suatu film pendek yang ditonton anak-anak. Objek penelitian dibagi menjadi tiga kelompok, masing-masing kelompok diberi boneka plastik Bobo Doll. Kelompok pertama menonton tayangan adegan kekerasan secara berulang-ulang, kelompok kedua hanya menonton sebentar, dan kelompok ketiga tidak menonton sama sekali.

Hasil eksperimen menunjukkan bahwa kelompok pertama memiliki kecenderungan lebih agresif dengan melakukan perusakan pada boneka dibandingkan dengan kelompok kedua dan ketiga. Hal ini menunjukkan bukti bahwa ada peran dari media massa dalam membentuk karakter dari masyarakat yang menontonnya.

Tetapi metode ini masih memiliki kelemahan, yaitu adanya generalisasi terhadap hasil penelitian, sebab sampel anak-anak yang diteliti sedikit sekali. Maka kelemahan ini pun diusahakan untuk dikurangi dengan menciptakan keadaan semirip mungkin dengan keadaan di dunia nyata atau ecological validity. Demikianlah salah satu cara untuk mengetahui sumber penyimpangan sosial teori dependency.

Selanjutnya : Cara Menanam Kelapa Gading
Sebelumnya: Empat Jenis Internet Browser Favorit
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar