Sumber Sumber Akhlak Sebagai Acuan Hidup di Dunia


Sumber sumber akhlak dalam ajaran Islam sebenarnya sudah kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Akhlak adalah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku setiap individu. Di dalam Al-Qur’an yang berkaitan dengan akhlak adalah Surat Asy-SYu’ara ayat 137, dan Surat Al-Qolam.

Mengenai akhlak Nabi Muhammad tidak diragukan lagi, beliau diibaratkan sebagai Al-Qur’an berjalan.Beliau sampai mendapat julukan Al-Amin yang artinya orang yang terpercaya.

Hadis lain menyebutkan bahwasanya orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah orang mukmin yang paling baik akhlaknya (HR.Tirmidzi)

Dalam Islam, sumber-sumber akhlak terdapat dalam Al-Qur’an dan Hadis.

1.  Al Qur’an

Wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, selaku nabi terakhir dan sebagai mukjizat Nabi Muhammad. Wahyu pertama itu diturunkan Allah SWT melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad pada malam 17 Ramadhan di Gua Hira’. Dalam bentuk tulisan Arab yang pada masa itu Nabi dalam keadaan tidak bisa membaca, sehingga malaikat sampai mengucapkannya tiga kali. Malaikat Jibril menuntun nabi Muhammad untuk membacanya sampai beliau benar-benar hafal. Surat yang diturunkan pertama kali adalah Surat Al-Alaq  ayat 1-5. Al-Alaq artinya segumpal darah.

Pada ayat pertama yang berbunyi Iqra’ yang artinya bacalah. Allah menurunkan kitab Al-Qur’an secara berangsur-angsur sehingga penurunan keseluruhannya memakan waktu selama 22 tahun 2 bulan dan 22 hari, yakni dimulai pada tanggal 17 Ramadhan sampai Haji Wada’ atau Haji Perpisahan tanggal 9 Dzulhijjah tahun 10 hijriah. Al-Qur’an terdiri dari 30 juz, 114 surat, dan 6236 ayat. Tidak diragukan lagi kebenaran dan isi surat dalam Al-Qur’an itu karena diturunkan langsung oleh Allah melalui malaikat Jibril. Sehingga, dijadikan patokan hukum agama Islam.

2.  Hadis

Sebagai sumber hukum Islam kedua. Hadis adalah ucapan atau perbuatan yang dilakukan Nabi Muhammad. Dalam kedudukannya, hadis mendapat urutan kedua setelah Al-Qur’an.

Sumber sumber akhlak dalam kehidupan kita sangat penting sebagai acuan agar kehidupan kita lebih baik dan mencapai tujuan sebagai makhluk yang berakhlak. Tanpa sumber sumber akhlak ini, kita dapat menyimpang dalam menjalani kehidupan ini.
Itulah tentang sumber akhlak. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya : Cara Membuat Es Campur yang Enak
Sebelumnya: Contoh Surat Pengalaman Kerja Di Perbankan Untuk Melamar Pekerjaan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar