Sungai dan Manfaatnya bagi Kehidupan


Sungai dan manfaatnya bagi kehidupan memang tidak dapat kita abaikan begitu saja. Secara tidak langsung, kehidupan kita sangat tergantung pada sungai. Berbagai kegiatan hidup dapat kita lakukan di sungai karena sungai selalu ada di sekitar hidup kita. Sungai adalah tempat aliran air yang terkontrol. Karena itu, air sungai tidak menyebar ke segala arah.

Dengan adanya sungai, masyarakat dapat menjalani kehidupan dengan sebaik-baiknya. Alasan yang paling utama dalam hal ini adalah keberadaan air dalam sungai. Manusia tidak dapat hidup tanpa air. Selain itu, air sungai juga memberikan kontribusi bagi kehidupan kita.

Kebutuhan air untuk kehidupan memang sangat penting. Air adalah salah satu kebutuhan utama agar kita dapat bertahan hidup.

Tanpa adanya air, kita akan mengalami kesulitan dalam hidup. Bahkan, kita bisa mati jika kekurangan air. Pepohonan dapat mati kekeringan jika tidak ada air di dalam tanah. Selain itu, tanah akan mengering jika tidak ada sungai yang mengalir di dekat lingkungan tersebut. Air yang ada di dalam cekungan sungai sebagian meresap dalam tanah dan menjadi air tanah yang membasahi tanah-tanah di sekitarnya.

Akan tetapi, jika kita telaah lebih lanjut, sebenarnya sungai mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat di sekitarnya. Keberadaan sungai merupakan satu kondisi yang memungkinkan terciptanya masyarakat yang  makmur. Air sungai dapat membasahi tanah sehingga memungkinkan tumbuhnya berbagai tanaman dengan baik. Air sungai ini dapat dikelola sedemikian rupa sehingga dapat mengairi persawahan penduduk. Persawahan yang mendapatkan pengairan yang baik akan memberikan hasil yang baik pula pada musim panen. Dengan cara seperti ini, masyarakat dapat menghemat biaya untuk mengelola sawah.

Oleh karena itu, sudah seharusnya kita menjaga keberadaan sungai di sekitar kita dengan tidak menghambat aliran sungai, misalnya dengan tidak membuang sampah di sungai. Kita tidak boleh membuang sampah di sungai karena hal tersebut dapat menyebabkan aliran sungai terhambat. Masyarakat harus didisiplinkan  terkait kebiasaan membuang sampah di sungai. Sungai bukanlah tempat sampah.

Sungai dan manfaatnya bagi kehidupan masyarakat sangat penting sehingga harus kita jaga bersama. Kita harus menjaga agar sungai tidak kotor sehingga mampu memberikan manfaat bagi kehidupan kita. Oleh karena itu, jagalah kebersihan sungai kita.

Selanjutnya : Nokia Model Lama Berfitur Canggih
Sebelumnya: Viva Berita Bola
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar