Sunnah-Sunnah yang dapat Dijadikan Sumber Hukum Kehidupan Umat


Sunah-sunah yang dapat dijadikan sumber hukum harus kita pahami dan ikuti untuk keselamatan hidup kita, dunia dan akhirat. Sunah pasti bersumber dari Alquran dan alhadis. Dari segi bahasa, assunah berarti jalan yang harus diikuti baik atau buruk. Sedangkan menurut ahli fiqih, sunah adalah sesuatu yang bersumber dari Nabi Muhammad selain Alquranulkarim, baik berupa perkataan, ucapan, maupun perbuatan yang dapat dijadikan sebagai dasar penetapan hukum syara. Seperti dalam sabda Nabi Muhammad SAW, barang siapa yang berjalan di atas kebaikan maka ia akan mendapat pahala dan pahala orang yang melakukan perjalanan baik itu hingga hari kiamat. Sebaliknya, barang siapa yang berjalan di jalan keburukan maka akan mendapat dosa dan dosaorang yang melakukan perjalanan buruk itu hingga hari kiamat.

Perbedaan assunah dan alhadis secara bahasa adalah berita atau kabar yang diucapkan Nabi Muhammad SAW. Sunah  nabi atau sunah rasul adalah amalan-amalan nabi yang biasa dilakukan. Kedudukan assunah dalam penetapan hukum, serta kolerasi assunah dengan Alquran dari segi hukum syari dapat dilihat melalui penjelasan di bawah ini.

1. Kedudukan assunah dalam penetapan hukum

a)    Bayan taqrir ( sebagai penguat Alquran ) berarti bahwa hadis berkedudukan untuk memperkuat hukum-hukum yang telah tersurat dalam Alquran.
b)    Bayan tasyri’ ( sebagai penentu hukum sendiri) adalah hukum yang tidak gamblang di jelaskan dalam Alquran  dan masih menimbulkan berbagai interpretasi.
c)    Bayan tafsir ( sebagai interpretasi ayat atau lafaz dalam Alquran).
d)    Bayan nasakh.

2. Jenis assunah

a)    Sunah ucapan ( sunah qouliyah) yaitu hadis yang diucapkan Rasulullah SAW yang berupa perkataan.
b)    Sunah perbuatan ( sunah fi’liyah ) yaitu hadis yang diucapkan Rasulullah SAW yang berupa perbuatan. Seperti melakukan salat lima waktu, zakat, puasa haji, dan ibadah lainnya.
c)    Sunah ketetapan Rasulullah terhadap segala ucapan atau perbuatan para sahabatnya (sunah taqririyah).
d)    Sunah hammiyyah yaitu sunah tentang keinginan Rasulullah untuk melakukan suatu hal.

Berdasarkan rincian di atas assunah adalah sumber hukum kedua yang hukumnya wajib bagi kaum muslim untuk mengikuti dan mengamalkannya. Sunah-sunah yang dapat dijadikan sumber hukum dalam ajaran Islam pada dasarnya merupakan interpretasi atas sumber hukum yang sudah ada yaitu Alquran dan alhadis atau assunah.

Selanjutnya : Contoh Penerapan Teknologi Tepat Guna Kesehatan dalam Masyarakat
Sebelumnya: Orang Soleh sebagai Gejala Sosial yang Positif
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar