Surat Al Qur’an untuk Menghindari Sedih

Bagi kalangan ummat Islam, khususnya banyak yang membaca surat Al Qur’an untuk menghindari sedih yang berlebihan.

Al Qur’an yang merupakan kitab suci dari agama islam ini didalamnya terdapat 114 bab. Bab inilah yang disebut surat. Surat yang ada di dalam kitab suci agama islam pun diatur berdasarkan pada panjangnya. Namun perlu kita ketahui bahwa surat Al-Fatihah yang terdapat dalam Al-Qur’an ini bukan merupakan salah satu bab dari ke-114 surat yang dimaksud. Tetapi surat Al-fatihah ini merupakan pembukaan dalam Al Qur’an.

Loading...

Perlu kita ketahui pula bahwa di dalam Al Qur’an ini terdiri dari 114 surat serta 30 juz. Menegnai jumlah ayat yang terdapat dalam Al Qur’an ini ternyata terdapat beberapa pendapat. Menurut riwayat ad-Dur, jumlah ayat yang terdapat dalam Al Qur’an ini terdiri dari 6262. Menurut riwayat Hafsh terdiri dari 6236 ayat sedangkan menurut Warsy terdiri dari 6214.

Surat-surat yang dapat kita temuai di Al Qur’an ini dibagi menjadi dua macam. Dua macam ini antara lain adalah surat madaniyah serta surat makkiyah. Pembagian ini berdasarkan pada tempat serta waktu penurunan surat tersebut di mekkan ataupun di madinah.

Contoh Surat yang Mengandung Arti Guna Menghindari Sedih

Berikut akan kami sampaikan salah satu contoh surat yang menjelaskan kepada kita bahwa kita itu tidak boleh bersedih dengan sesuatu hal yang telah kita lewati tetapi kita juga tidak diperbolehkan untuk khawatir mengenai sesuatu yang akan terjadi pada masa yang akan datang. Allah swt berfirman dalam surat Yunus yang terdapat dalam ayat 62-63.

Dalam surat ini Allah swt berfirman bahwa kita harus selalau berlindung dari dua hal yaitu kegelisahan dan kesedihan. Hal ini dikarenakan Allah swt tidak begitu menyukai terhadap para umatnya yang sedang bersedih, maka dari itu, allah swt pun memerintahkan kita untuk berlindung dari yang namanya kesedhian dan kegelisahan ini.

Kita dapat berlindung atau menghindari kegelisahan maupun kesedihan ini dengan berdoa. Karena dengan berdoa maka kita akan mendapat perlindungan dari Allah swt.  Untuk itu kita harus selalu berdoa agar terhindar dari ksedihan serta kegelisahan yang akan terjadi pada diri kita. perlindungan dari Allah ini merupakan perlindungan yang paling hakiki serta paling dasyat yang ada di muka bumi ini. Untuk itu berdasarkan dari surat untuk menghindari sedih ini, marilah kita selalu berdoa kepada Allah swt untuk meminta perlindungannya.

Loading...
Selanjutnya : Surat Al Qur’an tentang Orang Sabar untuk Personal Branding
Sebelumnya: Inspirasi Nama untuk Bayi Perempuan Islam Terdiri dari 3 Kata
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar