Membuat Surat Pribadi Bersifat Kekeluargaan


Pengertian surat pribadi adalah surat yang ditujukan karena ada alasan atau kepentingan pribadi. Biasanya, surat pribadi dipakai untuk melamar pekerjaan, surat izin tidak masuk sekolah, surat penghargaan, surat untuk keluarga, surat untuk sahabat, dan sebagainya. Namun, hal yang penting dan akan dibahas dalam artikel ini adalah surat pribadi bersifat kekeluargaan.

Surat kekeluargaan sebenarnya bukan hanya surat yang bisa ditujukan kepada keluarga saja. Surat untuk teman atau sahabat dekat juga bisa dikategorikan sebagai surat kekeluargaan.

Tujuan dari surat kekeluargaan ini untuk menyambung tali silaturahim, mengirim kabar, dan menjalin keakraban antara satu sama lain.

Tidak ada aturan baku untuk menulis surat kekeluargaan. Kertas surat yang dipakai bisa beragam. Kertas surat yang dijual di pasaran bisa juga dipakai agar menarik dan menunjukkan keakraban.

Bahasa yang digunakan dalam surat kekeluargaan adalah bahasa yang biasa dan tidak formal. Hanya saja, jika surat ditujukan untuk orang yang lebih tua, bahasa surat yang digunakan harus sopan.

Bentuk kerangka surat kekeluargaan tidak perlu menggunakan kepala surat, hanya terdiri atas alamat yang dituju, salam pembuka, isi surat yang tidak formal, dan salam penutup.

Biasanya, surat ditulis dengan tulisan tangan. Tulisan tangan tersebut harus mudah dibaca dan dipahami, sehingga penerima surat mengerti isi dari surat yang diterimanya.

Di samping itu, isi dari surat kekeluargaan dapat mengenai hal-hal yang memberitahukan kabar, pertanyaan mengenai sesuatu, untuk perkenalan, dan sebagai surat permintaan. Ucapan selamat dan ucapan terima kasih pun bisa menjadi isi dari surat kekeluargaan. Berikut ini adalah contoh surat kekeluargaan.

Walaupun saat ini, kita dapat bertukar kabar melalui telfon dan surat telah tergantikan dengan perangkat telekomunikasi yang canggih, tetapi sekali-kali kita dapat menggunakan surat dan mencoba lagi kembali ke zaman lama. Anggaplah sebagai pemberian kabar yang dilakukan dengan cara yang berbeda.

Dengan membuat surat pribadi bersifat kekeluargaan, teman, keluarga, dan sabahat dapat merasakan kesan yang berbeda. Apalagi dalam surat tersebut ditulis dengan tulisan tangan asli dari sang pengirim surat. Selain itu, surat tersebut dapat disimpan sebagai kenang-kenangan.

Selanjutnya : Pengertian Silahturahim
Sebelumnya: Isi Makalah Patofisiologi Gangguan pada Lambung
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar