Surat Resmi Permohonan Membantu Pihak Tertentu

Pada masa tertentu, membuat surat resmi permohonan membantu pihak tertentu itu selalu harus dilakukan. Pembuat surat ini bisa saja pihak OSIS, Karang Taruna, Ormas tertentu, Panti Asuhan, dan lain-lain. Pada saat menyambut Ramadhan atau menyambut HUR Republik Indonesia. Isinya sesuai dengan perayaan atau kegiatan yang akan diadakan.

Contoh Surat Permohonan

Loading...

Karena surat permohonan ini adalah surat resmi, maka surat tersebut dibuat dengan menggunakan kop dan cap yang resmi dari badan atau organisasi yang membuatnya. Ada nomor surat dan tanda tangan yang menyetujui. Isinya singkat dan padat. Bentuknya seperti proposal dan kalau bisa diserahkan langsung kepada yang diharapkan membantu.

OSIS SMA BERBUDI
Jalan Sudirman No. 3456 Kabupaten Berbudi

Kepada Yth.
Orangtua dari

Di tempat

Dengan Hormat,

Teriring salam dan doa yang tulus untuk Bapak/Ibu/Wali murid. Dalam rangka menyambut Ramadhan, kami pihak OSIS menyelenggarakan beberapa kegiatan. Di antaranya adalah berbuka bersama selama seminggu pada tanggal 15-21 Juli 2013, mengadakan berbagai perlombaan (nama dan tanggal penyenggaraan terlampir).

Untuk menunjang semua kegiatan itu, kami berharap bahwa Bapak/Ibu/wali murid akan berpartisipasi mengisi blanko bantuan (terlampir). Kami pun menyediakan beberapa suvenir buatan para siswa yang bisa ditukarkan dengan kupon. Tidak hanya itu, kami membuat kue lebaran dan bekerja sama dengan beberapa toko (nama tokoo terlampir) yang akan memberikan 10% dari hasil penjualan untuk dana kegiatan ini.

Demikian permohonan bantuan ini dibuat agar menjadi perhatian.

Yang Mengetahui,                        Ketua OSIS
Kepala Sekolah

 

Dr. Umar, S. Ag, SH)                        (Ify)

Pertimbangan-Pertimbangan

Dalam membuat surat permohonan itu, sebaiknya tidak hanya meminta tanpa memberi. Pihak yang memberi itu sebaiknya mendapatkan sesuatu sebagai penukar bantuan yang telah diberikan. Misalnya, pihak yang menyumbang membeli sesuatu dan keuntungan dari penjualan digunakan sebagai dana penunjang kegiatan.

Pihak yang memohon bantuan bisa juga menawarkan jasa. Misalnya, bila menyumbang sebesar sekian akan mendapatkan perawatan pijat refleksi dengan diskon 30% dari tempat refleksi tertentu. Pihak panitia tentu saja harus bekerja keras mencari sponsor. Biasanya, orang akan banyak membantu bila gambaran kegiatan memang nyata dan bisa dipertanggungjawabkan.

Apalagi kalau yang menyenggarakan adalah anak-anak sekolah. Kemampuan mereka yang terbatas tetap harus dibantu. Untuk itulah pembuatan surat resmi permohonan membantu harus didampingi oleh pembina OSIS.

Loading...
Selanjutnya : Fungsi Kulit Kayu Manis untuk Makanan
Sebelumnya: Cara Membuat Surat Resmi yang Baik dan Benar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar