Pengertian Surface Run Off adalah Limpasan Permukaan


Surface run off adalah suatu aliran yang mengalir di atas permukaan menuju sungai, danau, atau laut yang disebabkan curah hujan melebihi  laju infiltrasi.  Secara istilah, run off sering pula dipakai untuk menunjukkan adanya bermacam proses pengumpulan air mengalir yang secara akumulasi nantinya akan menghasilkan aliran sungai. Bermacam atau variasi proses aliran itu dapat dijelaskan sebagai berikut.

  • Air hujan yang secara langsung pada tubuh perairan sungai merupakan air hujan yang pertama langsung menyatu dengan air sungai.
  • Aliran yang berada di bagian atas tanah (overland flow) merupakan air hujan yang melewati daerah aliran sungai (DAS) setelah sebelumnya terjadi hujan (badai) atau dinamakan sebagai bagian air dari aliran sungai yang diakibatkan dari hujan neto yang tidak lagi mengalami infiltrasi ke tanah mineral dan mengalir di atas permukaan tanah untuk bergabung ke sungai terdekat.
  • Aliran permukaan (surface run off) merupakan pengertian yang sama dengan overland flow, akan tetapi lebih banyak dipakai untuk pengukuran air di atas permukaan sungai.
  • Aliran langsung yang berada di bawah permukaan (subsurface storm flow) bagian aliran sungai yang disuplai dari sumber air yang berada di bawah permukaan tanah dan di saluran sungai secara langsung. Semua proses ini tidak dapat disimak dengan mata telanjang, tapi dengan cara menambah debit sungai. Terkadang digunakan sinonim yang merupakan aliran dalam (interflow). Akan tetapi, kata ini banyak digunakan untuk aliran di bawah permukaan tanah yang posisinya tidak berada di atas permukaan air tanah.
  • Aliran permukaan langsung (direct run off, strom flow) adalah total dari ketiga komponen aliran sungai yang berupa air hujan yang secara langsung mengalir ke aliran sungai yang berada di atas permukaan tanah (overland flow, surface run off) serta aliran cepat yang berada di bawah permukaan tanah (subsurface storm flow, interflow) yang kebanyakan dipakai untuk menandai banjir yang disebabkan karakterisitk DAS.
  • Aliran dasar (base flow, grand water outflow) yang dikeluarkan dari equifer air tanah yang dihasilkan dari air perkolasi vertikal lewat profil tanah ke air tanah dan didukung  oleh aliran yang perlahan dari daerah aerasi (zone of aeration) yang berada di daerah miring.

Secara singkat, surface run off adalah limpasan permukaan air. Demikian informasi singkatnya, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Langkah-langkah dan Susunan Laporan Penelitian Pasar
Sebelumnya: Surat Pengalaman Kerja atau Curiculum Vitae
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar