Susunan Acara Hiburan dalam Rangka Memperingati Hari Kemerdekaan


Dalam rangka memperingati hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI, pada tanggal 17 Agustus,  masyarakat sering mengadakan acara hiburan yang digelar hampir di setiap daerah. Biasanya, acara hiburan ini diadakan oleh para pemuda yang tergabung dalam karang taruna.  Mereka bergotong royong untuk menyukseskan acara ini, mulai dari pencarian dana sampai persiapan acara yang akan ditampilkan dengan melatih anak-anak dan remaja. Hiburan pada acara ini berupa kreasi seni dari para remaja dan anak-anak. Acara ini bertujuan untuk memupuk rasa kebangsaan dan nasionalisme generasi muda. Demi kelancaran acara, kita memerlukan susunan acara hiburan sebagai pedomannya.

Panggung hiburan ini biasanya digelar dibalai desa pada malam Minggu pukul 19.00 – 22.00 agar bisa disaksikan seluruh warga. Susunan acara hiburan tersebut adalah pembukaan dengan mengucapkan doa / alfatihah bersama-sama, pembacaan ayat-ayat suci Alquran dilanjutkan dengan saritilawah, sambutan dari kepala desa, sambutan dari  tokoh masyarakat, sambutan dari ketua karang taruna, dan acara inti. Acara ini pun diselingi dengan pembagian hadiah untuk lomba yang digelar seminggu sebelumnya.

Acara inti dimeriahkan oleh anak-anak dan para remaja berupa kreasi seni, pembacaan puisi, kesenian daerah, pertujukan drama, dan lain-lain. Anak-anak dan remaja ini merupakan perwakilan dari setiap RW. Bahkan, bukan anak-anak dan para remaja saja yang meramaikan, melainkan  perwakilan dari ibu-ibu PKK dan aparat desa juga ikut memeriahkannya.

Lomba yang digelar biasanya lomba panjat pinang, lomba balap karung, makan kerupuk, main bola, dan lain-lain. Hadiah diperoleh dari sumbangan masyarakat, walaupun isinya tidak mahal, anak-anak antusias mengikuti perlombaan.

Semua anggota masyarakat ikut berpartisipasi dalam acara ini. Beberapa ibu rumah tangga pun sibuk menyiapkan jamuan bagi tamu undangan, begitu juga para kepala rumah tangga yang tidak berhalangan juga ikut mempersiapkan panggung dan tenda. Semua bergotong royong, tak terkecuali orang sibuk sekalipun ikut menyumbang berupa materi. Panggung hiburan ini diadakan oleh masyarakat untuk masyarakat.

Demikian tulisan singkat mengenai susunan acara hiburan ini penulis persembahkan, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menginspirasi para pemuda untuk memeriahkan hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI.  Selamat hari Ulang Tahun ke-68 Republik Indonesia.

Selanjutnya : Keunggulan Anjing Tekel Dibanding Anjing Lain
Sebelumnya: Pengertian dan Bahaya Minuman Beralkohol
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar