Susunan dan Fungsi Kelembagaan Organisasi dalam Suatu Perkebunan


Susunan dan fungsi kelembagaan organisasi dalam suatu perkebunan sangat penting untuk diketahui dan dipahami, terutama bagi Anda yang terlibat dalam hal-hal yang berkaitan dengan perkebunan baik yang menyangkut studi maupun pekerjaan.

Perkebunan yang dikelola dengan baik memiliki suatu struktur organisasi yang terencana dengan tugas yang dibagi ke dalam suatu bagian-bagian penanggung jawab khusus, yaitu sesuai dengan bidangnya masing-masing. Tujuan dibentuknya struktur organisasi adalah agar suatu perkebunan atau dinas perkebunan dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara optimal.

Struktur Organisasi di dalam perkebunan lebih dikenal dengan sebutan Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOT).  Susunan organisasi tersebut terdiri atas Kepala Dinas, Sekretariat, Sub Bidang  Kelembagaan, Sarana Produksi dan Penyuluhan, Sub Bidang Produksi dan Pengembangan, Sub Bidang Bina Usaha, Sub Bidang Konservasi Tanah dan Perlindungan, dan Kelompok Jabatan Fungsional.

Komponen Organisasi

Adapun tugas dari tiap-tiap komponen organisasi tersebut, antara lain.

1. Kepala Dinas

Bertugas untuk menangani sebagian dari tugas perkebunan, seperti urusan perencanaan, urusan keuangan, dan urusan umum.

2. Sekretariat

Bertugas untuk menangani sebagian dari tugas perkebunan dan membantu tugas kepala dinas dalam urusan perencanaan, urusan keuangan, dan urusan umum.

3. Sub Bidang Kelembagaan, Sarana Produksi, dan Penyuluhan

Bertugas untuk menangani sebagian dari tugas perkebunan, seperti sarana produksi, penyuluhan, dan kelembagaan.

4. Sub Bidang Produksi dan Pengembangan

Bertugas untuk menangani sebagian dari tugas perkebunan, seperti rehabilitasi, diversifikasi, intensifikasi,dan teknologi baik tanaman semusim maupun tahunan.

5. Sub Bidang Bina Usaha

Bertugas untuk menangani sebagian dari tugas perkebunan, seperti pemasaran hasil perkebunan, pengolahan hasil perkebunan, aneka usaha di bidang perkebunan, dan sumber daya terkait perkebunan.

6. Sub Bidang Konservasi Tanah dan Perlindungan

Bertugas untuk menangani sebagian dari tugas perkebunan, seperti perlindungan tanaman perkebunan dan konservasi

7. Kelompok Jabatan Fungsional

Bertugas untuk menangani sebagian dari tugas perkebunan yang disesuaikan dengan keperluan dan keahlian bidangnya masing-masing.

Demikianlah susunan dan fungsi kelembagaan organisasi dalam suatu perkebunan. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan Anda mengenai organisasi di dalam suatu perkebunan.

Selanjutnya : Inisiasi Kultur Jaringan
Sebelumnya: Susunan Acara dalam Acara Resepsi Pernikahan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar