Susunan Makalah Beserta Contohnya


Pada dasarnya, susunan makalah beserta contohnya sama untuk semua tema makalah. Format sederhana susunan tersebut terdiri atas Pendahuluan, Isi, dan Penutup. Pada bagian Pendahuluan, seringkali ada latar belakang dan pembahasan yang agak panjang lebar mengenai tema yang dibahas. Biasanya, isinya jauh lebih banyak dari Pendahuluan, tetapi bagian Penutup lebih sedikit daripada bagian Pendahuluan.

Teknik Penulisan

Teknik menyusun sebuah makalah harus mengikuti aturan yang berlaku. Makalah harus dijelaskan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baku, menggunakan font dan jenis huruf yang sudah ditentukan.

Biasanya, jenis huruf yang digunakan dalam makalah adalah Times New Roman atau Arial dengan font 12. Selain itu, teknik penyajian bergantung pada tema yang dibahas dalam makalah dan pencantuman referensi yang baik.

Pada Pendahuluan, jika sangat diperlukan perlu adanya pembahasan Latar Belakang tentang tema yang dibahas, Rumusan Masalah, Tujuan Pembahasan, dan Manfaat Pembahasan Masalah.

Isi dari makalah bisa berupa Tinjauan Pustaka dan juga pembahasan tema secara lebih mendetail. Terakhir, bagian Penutup adalah kesimpulan yang pembahasannya tidak panjang, mungkin hanya separuh atau kurang dari separuh pembahasan pada Pendahuluan.

Contoh Makalah

Misalnya, Anda akan membuat makalah tentang ”Bagaimana memanfaatkan waktu luang”. Pada bagian Pendahuluan, Anda dapat membahas tentang pentingnya tema tersebut untuk dibahas. Carilah tinjauan masalah tersebut dari sisi agama, ekonomi, dan psikologi.

Lalu pada bagian Isi, Anda dapat membahas semua tinjauan secara mendetail berikut dengan contoh cara memanfaatkan waktu dengan saksama. Selain itu, semua orang mempunyai waktu yang sama dan Tuhan tidak melihat manusia dari sisi fisiknya. Jika ada orang yang bisa begitu bermanfaat bagi orang lain, mengapa ada yang malah merusak orang lain?

Pembahasan tersebut akan menuju kepada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan. Kegiatan itu diharapkan akan memberikan pengaruh secara mental dan spiritual kepada orang yang melakukannya. Berikan contoh nyata dan kesaksian dari orang-orang yang telah melakukan hal tersebut.

Dengan memberikan contoh nyata itu, para pembaca bisa menilai apakah isi makalah itu bisa digunakan atau tidak lebih dari onggokan kata yang tiada bermakna. Itulah susunan  makalah beserta contohnya. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Selanjutnya : Ekosistem di Wilayah Laut Neritik
Sebelumnya: Menguak Isi Ajaran Syiah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar