Susunan Menulis Karya Tulis yang Baik


Karya tulis merupakan salah satu bentuk karya ilmiah. Masih banyak yang belum memahami sepenuhnya bagaimana susunan menulis karya tulis yang baik. Selama ini hanya menyusun karya tulis dengan bantuan berbagai informasi singkat di internet. Padahal belum tentu semua yang kita baca di berbagai artikel di internet itu benar adanya.

Urgensi Susunan yang Baik

Pada umumnya karya tulis terdiri dari tiga bab, yaitu bab pendahuluan, bab bagian isi serta bab bagian pembahasan. Memang susunan tersebut tidaklah salah, hanya saja pada saat akan membuat karya tulis isinya terkesan biasa dan standar. Padahal, ada banyak hal yang bisa digali dari sebuah karya tulis.

Bagaimana jadinya jika karya tulis yang akan dibuat adalah karya tulis yang dibuat untuk mengikuti perlombaan atau yang akan diikutsertakan dalam lomba karya ilmiah? Tentu saja, susunan atau sistematika, ejaan,  dan aturan penulisan harus diperhatikan.

Syarat sebuah karya tulis yang baik itu adalah memenuhi standar yang sudah ditetapkan atau standar yang baku. Dari segi isi, pada umumnya karya tulis memang terdiri dari tiga bab saja. Bab yang paling penting untuk diperhatikan adalah bab pertama dan isinya. Tetapi bukan berarti bab terakhir tidak penting, hanya saja hal-hal penting yang dituangkan banyak terdapat dalam bab pertama dan bab kedua (bagian isi). Sekadar mengingatkan kembali, susunan sebuah karya tulias yang baik adalah sebagai berikut.

Bab I

Bab pertama ini memuat perihal yang melatarbelakangi karya tulis yang akan dibuat. Sebaiknya, pilih hal-hal yang sangat fenomenal supaya pembaca tertarik untuk membacanya lebih lanjut. Jangan bertele-tele dalam menyampaikan feonomena tersebut dan langsunglah ke poin utamanya saja.

Bab II

Ini merupakan bab yang paling krusial karena memuat semua yang akan disampaikan kepada pembaca. Sebaiknya untuk membuat bab 2 ini Anda atur strategi, yaitu memuat subbab yang sistematis, sehingga mudah dipahami alur penyampaiannya. Buat selengkap mungkin, jangan sampai ada hal penting yang terlupakan.

Bab III

Ini merupakan bab terakhir atau bagian akhir sebelum kesimpulan. Kesuksesan bagian bab 3 ini terletak dari bab-bab awalnya. Jika pada bagian bab pertama dan kedua tidak konsisten, tidak akan tercapai kesimpulan yang benar. Jadi, bagian ini sangat penting, mengingat pembaca memerlukan kesimpulan akhir yang bisa dipercaya.

Itulah ulasan singkat mengenai bagaimana susunan menulis karya tulis yang baik. Jika selama ini Anda kurang memaksimal menulis karya tulis, semoga ulasan ini bisa membantu Anda membuat karya tulis yang lebih baik lagi.

Selanjutnya : Jenis-jenis Kawat Gigi
Sebelumnya: Mengetahui Sistem Ekskresi Melalui Kulit
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar