Syarat Pembentukan Koperasi

Koperasi merupakan unit usaha bersama yang landasannya di atur dalam undang-undang dasar. Koperasi yang ditetapkan oleh pemrintah ini merupakan salah satu upaya untuk menyejahterakan masyarakat, terutama masyarakat yang kurang mampu. Koperasi ini merupakan unit usaha, sehingga masyarakat pun bisa membentuk koperasi. Berikut ulasan singkat mengenai syarat pembentukan koperasi untuk Anda.

Koperasi berfungsi sebagai lembaga simpan pinjam sekaligus bisa memberikan pinjaman kepada masyarakat yang membutuhkan modal untuk usaha. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan praktik rentenir yang berkembang di masyarakat. Praktik rentenir ini sangat memberatkan masyarakat karena pinjaman yang diberikan membebankan bunga. Sementara koperasi tidak menggunakan sistem bunga, tetapi bagi hasil.

Kehadiran koperasi ini sangat penting bagi keseimbangan pengembangan usaha di tengah masyarakat menengah ke bawah. Kondisi perekonomian keluarga yang kurang mencukupi bisa terpenuhi dengan meminjam modal dari koperasi untuk membuka usaha. Pinjaman yang diberikan dari koperasi akan dikembalikan sesuai dengan kesepakatan antara pihak yang menjalankan koperasi dengan peminjam dana. Pinjaman ke koperasi ini tidak dikenakan penarikan bunga per bulannya.

Koperasi ini dijamin oleh pemerintah, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir jika ada praktik koperasi yang tidak sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Pastinya, koperasi ini membantu masyarakat kurang mampu yang kekurangan modal untuk membuka usaha. Dengan demikian, dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bisa mandiri secara finansial.

Koperasi ini penting sekali untuk selalu digalakkan dalam masyarakat. Melalui koperasi, masyarakat memiliki kesempatan yang sama dengan yang lainnya untuk bisa mengembangkan usaha bersama. Mengingat pentingnya pendirian koperasi dalam membantu masyarakat yang kekurangan modal serta memperbaiki taraf hidup, pemerintah memberi kebebasan kepada masyarakat untuk membentuk koperasi.

Pembentukan koperasi ini diharapkan bisa turut andil dalam pemerataan peluang usaha masyarakat, khususnya masyarakat mengenah ke bawah. Koperasi juga dibutuhkan oleh kelompok petani untuk mengantisipasi kemungkinan gagal panen. Pendirian koperasi tentu saja dilakukan oleh mereka yang terampil dibidang simpan pinjam. Selain itu diperlukan setidaknya 20 orang sebagai anggota untuk pembentukan koperasi. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa persyaratannya.

Syarat pembentukan koperasi

Apakah Anda juga mau mendirikan koperasi bersama kelompok usaha Anda? Jika ya, setidaknya kelompok usaha Anda harus memenuhi segala syarat pembentukan koperasi yang telah ditetapkan oleh keputusan Menteri Negara Koperasi dan usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia di atas. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Jenis Data dan Cara Mendapatkan Data sebagai Syarat Pengolahan Data dalam Penelitian
Sebelumnya: Syarat Fidyah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...