Tabel untuk Mikroorganisme yang Bermanfaat


Tabel untuk mikroorganisme yang bermanfaat memang perlu dilakukan untuk mempermudah penggolongan mikroorganisme dan mudah untuk dibaca jika diurutkan dalam tabel.

Nama-nama mikroorganisme sering tidak mudah dipahami karena menggunakan bahasa Latin sehingga perlu metode khusus agar nama mikroorganisme tersebut bisa diingat dengan baik. 

Ada berbagai jenis mikroorganisme yang tidak berbahaya, yang bermanfaat bagi manusia. Mikroorganisme digunakan oleh manusia dengan tujuan berbagai macam, mulai dari membuat makanan sampai mengurai sampah. Proses terurainya sampah ini menggunakan bantuan organisme prokariotik.

Prokariotik adalah organisme yang selalu ada dalam proses daur ulang dalam ekosistem alam karena merupakan unsur pengurai. Prokariotik ini mampu melakukan metabolisme molekul anorganik yang mengandung unsur nitrogen, sulfur, hidrogen, dan besi.

Mikroorganisme yang dimanfaatkan untuk membuat makanan dan minuman digunakan dalam proses fermentasi. Fermentasi yakni perubahan enzimatik dari senyawa organik menjadi produk organik lebih sederhana. Mikroorganisme digunakan sebagai bahan makanan dan minuman karena mengandung 40% protein, vitamin, mineral yang tinggi dalam massa mikroba.

Oncom, tempe, kecap, tape, roti, keju, yogurt, dan minuman beralkohol memanfaatkan mikroorganisme yang bermacam-macam. Selain bermanfaat untuk produksi makanan, mikroorganisme juga bermanfaat untuk produksi obat-obatan, seperti penicilin, tetrasiklin, sefalosporin, eritromisin, dan vaksin.

Manfaat mikroorganisme lain adalah membunuh hama tanaman. Mekanismenya mikroorganisme seperti Bacillus thuringiensis dikembangkan menjadi insektisida mikrobial agar menghasilkan protein kristal sehingga membunuh serangga, ulat, ataupun larva yang menempel pada tumbuhan. Bacillus thuringiensis ini digunakan sebagai campuran obat pembasmi yang disemprotkan pada tanaman-tanaman pertanian.

Berikut ini adalah tabel mikroorganisme yang bermanfaat. No Nama Mikroorganisme Manfaat Mikroorganisme

1. Endomycopsis fibuligera, Rhizopus oryzae, dan Saccharomyces cereviceae. Bermanfaat dalam proses pembuatan tape

2. Rhizopus sp Bermanfaat dalam proses pembuatan tempe

3. Aspergillus wentii dan Rhizopus sp Bermanfaat dalam proses pembuatan kecap

4. Lactobacillus bulgarius dan Streptococcus thermophillus Bermanfaat dalam proses pembuatan keju dan yogurt

5. Streptomycin aureofaciens Bermanfaat dalam proses pembuatan tetrasiklin

6. Cephalosporium Bermanfaat dalam proses pembuatan sefalosporin

7. Penicillium Bermanfaat dalam proses pembuatan penicilin

8. Bacillus thuringiensis Bermanfaat untuk membasmi hama tanaman

9. Thiobacillus ferroxidans dan Thiobacillus oxidans Bermanfaat untuk memisah logam berat

10. Saccharomyces Bermanfaat untuk pembuatan minuman beralkohol.

Demikianlah penjelasan mengenai tabel untuk mikroorganisme yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Semoga menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca.

Selanjutnya : Tata Cara Tahalul Perempuan
Sebelumnya: Keutamaan Trend Desain Baju Distro
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar