Tahap Perkembangan Anak Usia 12 Tahun


Setiap anak akan tumbuh memasuki tahap perkembangan sesuai dengan usianya. Sebagai orang tua tentu saja kita harus cermat dalam mengamati dan membantu proses perkembangan tersebut. Bagaimana tahap perkembangan anak usia 12 tahun? Berikut pemaparannya.

Tahap Perkembangan Anak Usia 12 Tahun

Anak usia 12 tahun merupakan anak pada usia sekolah. Para ahli membagi perkembangan anak usia sekolah (6-12 tahun) menjadi beberapa tahap. Tahap-tahap perkembangan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

1. Kolhberg. Menurut Kolhberg, ada dua fase perkembangan anak usia sekolah, yaitu sebagai berikut.

  • Fase Pertama, yaitu anak yang berusia 6-10 tahun. Pada anak normal, di usia ini ia sudah mulai dapat membedakan hal-hal yang baik dan buruk, serta perbuatan yang salah dan benar. Anak usia ini juga sudah mengerti konsep reward and punishment, jika ia berbuat salah atau buruk maka ia akan mendapat hukuman.
  • Fase Kedua, anak usia 10-12 tahun. Pada fase ini anak memahami sebab mengapa ia mendapat hukuman dan memahami tujuan dari berperilaku baik. Anak dapat berfikir dengan lebih bijaksana. Masa ini juga merupakan masa peralihan memasuki usia remaja. Oleh karena itu, anak perlu bimbingan dan pendampingan intens dari orang tuanya.

2. Charlotte Buhler. Buhler mengklasifikasikan tahap perkembangan anak usia sekolah menjadi beberapa tahap, yaitu sebagai berikut.

  • Fase 6-8 tahun, yaitu fase anak belajar untuk bersosialisasi dengan baik di lingkungannya.
  • Fase 9-12 tahun merupakan fase dimana anak senang bereksperimen dan mencoba hal-hal baru yang dianggap menantang. Sikap ini didorong oleh keingintahuan yang besar terhadap sesuatu.

3. Erik Erickson. Dalam bukunya yang berjudul Childhood and Society, membagi tahap perkembangan anak usia sekolah menjadi tiga fase. Fase tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  • Awal masa anak-anak, yaitu usia 6-7 tahun, dimana anak mulai belajar untuk beradaptasi dengan teman dan lingkungannya. Pada usia ini anak juga mulai mandiri, seperti bisa makan sendiri, mandi sendiri, serta memakai baju sendiri.
  • Akhir masa anak-anak, usia 8-11 tahun. Pada fase ini anak belajar bekerja sama dalam kelompok.
  • Awal masa remaja, yaitu usia 12 tahun. Fase ini merupakan masa transisi dimana anak mulai meninggalkan masa kanak-kanaknya dan berusaha fokus pada diri sendiri.

Faktor yang Memengaruhi Perkembangan Anak

Perkembangan anak dipengaruhi oleh banyak faktor. Ada faktor internal dan faktor eksternal.

  • Genetik (Internal). Faktor genetik berasal dari faktor keturunan dan bersifat bawaan sejak lahir, misalnya pertumbuhan bentuk fisik, sifat, dan bakat.
  • Faktor eksternal meliputi keluarga, teman, lingkungan, dan lain-lain.

Demikian pemaparan mengenai tahap perkembangan anak usia 12 tahun. Semoga uraian tersebut bermanfaat.

Selanjutnya : Perbandingan Perkembangan Museum di Eropa dan Indonesia
Sebelumnya: Mengenal Gangguan Jiwa Orang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar