Tahapan Perencanaan dalam Satu Tahun Kedepan Menggunakan Analisa SWOT

Tahapan perencanaan dalam satu tahun kedepan menggunakan analisa SWOT merupakan perencanaan yang matang dan harus dilakukan. Mengapa? Karena dalam membangun sebuah usaha atau bisnis, SWOT memiliki peranan yang cukup vital. SWOT  yang berarti strengths, weaknesses, opportunities, dan threats merupakan empat pilar penting dalam perencanaan ke depan. Apalagi jika hendak membangun bisnis dari awal sekali.

SWOT yang kemudian dipakai senjata utama dalam berbisnis merupakan rumus kecil yang menakjubkan. Dengan menggunkan metode Analisis SWOT, seseorang tentu akan terbantu dalam mengambangkan bisinisnya. Berkata metode ini, persaingan dan spekulasi bisnis kedepan akan mudah terbaca. Lalu bagaimana tahapan perencanaan SWOT dalam satu tahun kedepan? Penjelasan berikut mungkin akan memberikan sedikit gambaran terntang hal tersebut.

Strengths (Kekuatan)

Rabalah terlebih dahulu peluang bisnis apa yang akan kuat pada satu tahun mendatang. Jika bisnis sudah ditentukan, tinjau dulu kekuatan bisnis yang Anda bangun. Jangan sampai Anda sudah mempersiapkan segalannya tetapi Anda tidak dapat melihat peluang yang menjual dari kekuatan bisnis Anda. Segera nilai sekeliling, pastikan keuntungan yang didapat telah sesuai target, bahkan jika bisa melebihinya. Bila perlu buatlah spekulasi selama 12 bulan ke depan akan seperti apa dan bagaimana kekuatan berpengaruh pada keuntungan bisnis Anda.

Weaknesses (Kelemahan)

Jangan hanya melihat kekuatan sebagai pemicu keuntungan saja. Lihat pula dan amatai dengan baik kelemahan dari bisnis Anda selama 12 bulan kedepan. Gambarlah ilustrasi beberapa poin yang akan mengganggu kelemahan bisnis Anda. Misal jika anda pebisnis baju tebal atau sweater, anda bisa berspekulasi bahwa pada bulan-bulan tertentu, penjualan tidak akan menjadi ramai karena hadirnya musim panas atau kemarau. Untuk hal yang satu ini pikirkan sesuatu yang bisa membuat keuangan stabil.

Opportunities (Peluang)

Peluang 12 bulan merupakan salah satu tahapan perencanaan dalam satu tahun kedepan menggunakan analisa SWOT. Pada pembahasan peluang ini yang harus diingat adalah bahwa bisnis Anda akan memiliki kesempatan dalam mendapatkan peluang yang ada. Karena Anda sudah menggambarkan kekuatan dan kelemahan, tentunya Anda bisa menggamabarkan peluang dengan baik. Ingatlah selalu gambarkan pula kelemahan dari peluang yang Ada. Hal ini dilakukan untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan.

Threats (Ancaman)

Jika Anda sudah memprediksi kekuatan dan kelemahan bisnis Anda, Anda pun harus memikirkan Ancaman yang hadir yang akan melemahkan bisnis Anda. Buatlah sebuah perencanaan strategis selama 360 hari ke depan untuk menghadapi ancaman pada bisnis Anda yang nantinya tidak pernah diduga.

Demikianlah penjelasan tentang tahapan perencanaan dalam satu tahun kedepan menggunakan analisa SWOT. Semoga membantu.

Selanjutnya : Contoh Pidato Peduli Lingkungan Kelas
Sebelumnya: Contoh Pidato Keagamaan Islam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...