Sejarah Tahun Bergabungnya Negara ASEAN


Tahun bergabungnya negara ASEAN merupakan suatu sejarah yang tidak pernah kita lupakan. Karena kita sendiri adalah orang Indonesia maka paling tidak kita harus mengetahui latar belakang terbentuknya ASEAN ini. ASEAN merupakan kepanjangan dari Association of South East Asian Nations yang dalam bahasa Indonesia artinya perhimpunan bangsa-bangsa Asia Tenggara.

Sejarah Berdirinya ASEAN

Tujuan utama didirikan ASEAN adalah untuk meningkatkan kerjasama khususnya di kawasan Asia Tenggara di berbagai bidang mulai dari sosial, budaya, keamanan, ekonomi, perdamain, dan sebagainya. ASEAN di bentuk dari lima negara yaitu Singapura, Thailand, Indonesia, Filipina dan Malaysia.

Peristiwa itu terjadi setelah dilaksanakannya deklarasi Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967 yang dilaksanakan di Bangkok, Thailand. Lima negara tersebut diwakili oleh menteri luar negeri masing-masing, yaitu Adam Malik dari Indonesia, kemudian Tun Abdul Razak dari Malaysia, Narcisco Ramos dari Filipina, Thanat Koman dari Thailand dan S. Rajaratnam dari Singapura. Tanggal 8 Agustus 1967 merupakan sejarah awal berdirinya ASEAN.

Bertambah setelah 17 tahun

Setelah 17 tahun, negara-negara ASEAN mulai bertambah di antaranya masuknya negara Brunei Darussalam pada 7 Januari 1984. Lalu pada tanggal 28 Juli 1995 negara Vietnam juga ikut bergabung. Diikuti pada tanggal 23 Juli 1997 ditambah 2 negara lagi yang bergabung yaitu Myanmar dan Laos.

Dan yang terakhir adalah negara Kamboja di pada 16 Desember 1998. Kamboja sebenarnya mengalami banyak kendala karena sebelumnya ingin bergabung bersama Myanmar dan Laos pada tahun 1997 dan tidak jadi karena terjadinya pergolakan politik. Dengan demikian, bergabungnya kesepuluh negara tersebut sekaligus memuat jumlah penduduk di seluruh negara ASEAN yang berjumlah sekitar 600 juta jiwa. Salah satu negara yang sampai saat ini belum tergabung di ASEAN adalah Timor Leste. Namun, Timor Leste telah berulang kali berupaya untuk bergabung dengan ASEAN, hanya sayangnya terjadi banyak sekali kendala.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tahun bergabungnya negara-negara ASEAN dimulai dari Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina di tahun 1967, lalu Brunei Darusalam tahun 1984, Vietnam tahun 1995, Myanmar dan Laos tahun 1997, serta Kamboja tahun 1998.

Selanjutnya : Cara Mengatasi Sakit Gigi Gusi Bengkak
Sebelumnya: Metodelogi Studi Islam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar