Tahun Runtuhnya Kerajaan Singosari

Kapan Tahun Runtuhnya Kerajaan Singosari ?

Sejarah Kerajaan Singosari

Loading...

Tahun 1293 dipercaya ahli sejarah sebagai tahun runtuhnya kerajaan Singa sari. Kerajaan Singasari adalah kerajaan yang berdiri pada Tahun 1222. Menurut catatan sejarah kerajaan yang didirikan oleh Ken Arok ini awalnya dikenal sebagai Kerajaan Tumapel. Dalam perkembangannya Kerajaan Singasari kelak menjadi cikal bakal kerajaan Majapahit. Kitab Negarakertagama mengisahkan kehidupan kerajaan Singosari yang beribukota di Kutaraja. Semula Tumapel hanya sebuah daerah bawahan Kerajaan Kadiri dengan kepala pemerintahan disebut akuwu atau setingkat camat.

Akuwu Tumapel yang bernama Tunggul Ametung terbunuh oleh Ken Arok. Ken Arok kemudian menikahi Ken Dedes, istri Tunggul Ametung dan menobatkan dirinya sebagai Akuwu Tumapel. Ken Arok lalu memberontak dan melepaskan Tumapel dari Kerajaan Kadiri. Ketika terjadi kericuhan di Kadiri, kaum Brahmanaberseteru dengan Kertajaya sang Raja Kadiri. Kaum Brahmana tersebut kemudian bergabung dengan wilayah Ken Arok.

Atas dukungan para Brahmana ini Ken Arok mengubah Tumapel menjadi kerajaan dan mengangkat dirinya sebagai raja bergelar Sri Rajasa Sang Amurwabhumi. Peperangan melawan Kerajaan Kadiri yang tak tinggal diam atas pemberontakan Tumapel dimenangkan oleh Tumapel dan menyebabkan daerah kekuasaan Tumapel semakin luas.

Ken Arok hanya memerintah selama lima tahun. Ia kemudian dibunuh Anusapati, anak dari Tunggul Ametung bersama Ken Dedes. Kedudukannya digantikan Anusapati. Anusapati kemudian terbunuh di tangan Tohjaya, anak Ken Arok dari istri yang lain. Setelah Tohjaya naik tahta kelak ia digantikan Wisnuwardhana kemudian Kertanagara. Di masa pemerintahan Kertanagara ini nama kerajaan diubah menjadi Singasari.

Akhir Kerajaan Singasari free delivery, buy zoloft canada . zoloft is used for treating depression or obsessive-compulsive disorder (ocd). where to buy zoloft online. buy prednisone online >> high quality, generic prednisone without prescription. cheapest prices pharmacy. amoxil antibiotic price. approved pharmacy, no prescription prednisone cost of prednisolone eye drops generic prednisone buy amoxil without prescription. cheap prednisone from top pharmacies, order with credit cards,  buy prozac online without prescription, prozac from canadian pharmacy, buy prozac online no prescription, prozac price, prozac over the counter, rx free

Kertanagara inilah yang menjadi raja terbesar sekaligus raja terbesar sepanjang sejarah Kerajaan Singosari. Ia tercatat dalam sejarah sebagai raja yang berani memperluas daerah kekuasaan ke luar Jawa. Kertanagara mengadakan ekspedisi menaklukkan Sumatera pada Tahun 1275 dan Bali di Tahun 1284. Pada Tahun 1289 Kaisar Kubilai Khan dari Mongolia mengajukan permintaan agar raja-raja Jawa mengakui kekuasaan Mongol. Kertanegara tegas menolak. Kelak penolakan ini menyebabkan kerajaan Mongol mengirimkan pasukan dengan tujuan agar dapat menguasai pulau Jawa.

Ekspansi wilayah yang dilakukan Kertanegara seolah menjadi bumerang. Karena terlalu sibuk mengurus ekspansi situasi politik dalam negeri Singosari semakin kacau. Terjadi beberapa pemberontakan, diantaranya pemberontakan Jayakatwang, bupati Gelang-gelang yang juga sepupu Kertanegara. Pemberontakan ini terjadi pada Tahun 1292. Kertanagara mati terbunuh. Raden Wijaya, menantu Kertanegara mendapat ampunan Jayakatwang dan kelak menjadi pendiri Kerajaan Majapahit. Jayakatwang membangun kembali kerajaan Kadiri.

Tahun 1293 sebagai tahun runtuhnya Kerajaan Singa sari ditandai dengan berakhirnya kekuasaan Kertanegara dan bersamaan dengan datangnya pasukan Mongolia sebagai pembalasan dendam atas penghinaan Kertanegara. Pasukan Mongolia ini kemudian dimanfaatkan Raden Wijaya untuk mengalahkan Jayakatwang namun kemudian kelak diusir dari bumi nusantara.

Loading...
Selanjutnya : Di Balik Kelezatan Tahu Petis
Sebelumnya: Mengapa Pria Tak Bisa Mengungkapkan Cinta ?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar