Takaran Pemberian Pupuk Untuk Jagung

Takaran pemberian pupuk dalam artikel ini akan dibahas untuk memberikan takaran pupuk untuk tanaman yang sudah banyak dijadikan tanaman pertanian, yaitu tanaman jagung. Jagung adalah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi dan juga digunakan sebagai makanan pokok di Indonesia. Khususnya di daerah Jawa dan Nusa Tenggara.

Tanaman Jagung

Selain sebagai makanan pokok jagung bisa diolah menjadi berbagai macam makanan mulai dari lauk, dibuat tepung, dibuat makanan ringan seperti pop corn, serta banyak cara lainya untuk mengolah jagung. Jagung juga terdapat banyak jenis seperti jagung jawa hingga jagung yang bermerk seperti pioner, bisi-2, NK, dan sebagainya. Oleh karena itu, jagung telah menjadi harapan seorang petani sebagai salah satu tanaman yang umum ditanam.

Banyak cara yang dilakukan petani supaya jagungnya menghasilkan panen seperti yang diharapkan. Di antaranya cara tersebut adalah mulai dari memilih benih yang berkualitas, cara-cara penanaman, Teknik pemupukkan hingga perngelolahan tanah, serta proses panen. Yang paling jadi masalah adalah tentang hama. Namun, dalam artikel ini kita akan mengulas mengenai teknik pemupukan pada tanaman jagung menggunakan pupuk kimia.

Pemupukan Tanaman Jagung

Beberapa teknik pemupukan yaitu memberikan takaran dengan memberikan urea 200 sampai 300 kilogram per hekto are, Untuk pemberian TSP antara 75 hingga 100 kilogram per hekto are. Dan pemberian KCl 50 hingga 100 kilogram per hekto are.
Pemupukan sendiri umumnya dilakukan tiga kali yaitu pada tahap proses penanaman menggunakan pupuk urea 1/3 bagian dan TSP 1 bagian, lalu saat jagung usia 30 hari dengan takaran 1/3 pupuk urea dan 1/3 pupuk KCl , kemudian yang terakhir saat jagung usia 45 hari menggunakan 1/3 bagian pupuk urea.

Anda juga bisa melihat panduan pemupukan ini pada kemasan benih jagung yang bermerek. Biasanya, panduan tersebut telah dites oleh beberapa ahli dari pabrik benih jagung itu sendiri. Dengan menggunakan takaran pemberian pupuk maka kita bisa memperoleh keuntungan dari hasil panen sesuai yang diharapkan.

Yang perlu diingat adalah artikel ini hanyalah saran dan tidak bisa menjamin kesuburan tanaman jagung. Karena seperti kita tahu, tanaman jagung tingkat kesuburannya dipengaruhi oleh beberapa faktor dan tak hanya pemberian pupuk saja.

Loading...
Selanjutnya : Julukan yang Paling Lucu Buat Pacar
Sebelumnya: Cara Instal Aplikasi Pake WinRar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar