Penjelasan tentang Taksonomi Perilaku Manusia


Taksonomi perilaku manusia (kognitif, afektif, psikomotor hubungan cipta, karya, karsa) akan kita bahas dalam artikel ini.  Semua manusia pasti tidak akan lepas dari hal yang namanya perilaku. Perilaku didefinisikan sebagai suatu hal yang dilakukan dan dipengaruhi oleh adat, emosi, sikap, nilai, kekuasaan, persuasi dan genetika. Sedangkan taksonomi perilaku manusia di antaranya adalah kognitif, afektif, psikomotor, hubungan cipta, karya dan karsa.

Perilaku sendiri jika dibagi akan mempunyai makna yang banyak sekali dan seorang pakar konseling atau psikolog pasti banyak yang mengerti soal ini. Perilaku juga wajib diarahkan dengan baik agar seorang individu mampu melangkah ke arah yang positif dan terbebas dari perilaku negatif yang bisa merugikan baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Perilaku Kognitif

Perilaku kognitif adalah ranah mengenai mental otak atau potensi intelektual yang didasarkan dari beberapa tahapan yakni penerapan, sintetis, pengetahuan, dan penerapan dan analisis. Kognitif memiliki orientasi pada kekuatan berpikir seperti mengingat suatu hal, memecahkan masalah hingga menggabungkan beberapa gagasan dari metode yang dipelajari demi memecahkan masalah itu.

Perilaku Afektif

Perilaku afektif merupakan ranah mengenai watak serta perilaku contohnya sikap, minat, emosi, serta nilai. Ranah afektif dibagi menjadi lima jenjang yakni menerima, menanggapi, menilai, mengatur, serta karakterisasi dengan nilai.

Perilaku Psikomotor

Psikomotor hubungan cipta yaitu ranah mengenai kemampuan keterampilan atau kemampuan untuk melakukan tindakan setelah memiliki pengalaman hingga menciptakan karya. Karya adalah suatu hasil dari perilaku manusia yang berasal dari penciptaan gagasan atau ide manusia sendiri.

Dengan sebuah karya manusia maka bisa dikatakan hebat serta tentunya manusia mempunyai karya sendiri-sendiri serta berbeda dari masing individu untuk menciptakan suatu karya. Sedangkan karsa yaitu suatu kemauan atau keinginan seseorang. Dengan adanya beberapa taksonomi perilaku oleh manusia maka kita akan bisa menyusun langkah-langkah terbaik dalam hal perilaku manusia.

Demikianlah penjelasan yang dapat dimuat dalam artikel tentang taksonomi perilaku manusia (kognitif, afektif, psikomotor hubungan cipta, karya, karsa). Semoga bisa menambah pengetahuan Anda bagi yang masih belum mengerti tentang taksonomi perilaku oleh manusia.

Selanjutnya : Jumlah Fans Lazio
Sebelumnya: Cara Instal Windows di Komputer
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar