Taktik Individu Dalam Permainan Bola Basket


Olahraga basket selain memerlukan kerjasama tim juga memerlukan taktik individu dalam permainan bola basket. Keseruan pertandingan basket adalah menyaksikan dua tim yang terdiri dari lima orang yang saling berusaha memasukkan bola ke dalam keranjang lawan untuk mencetak poin.

Posisi Utama Dalam Permainan Basket

Taktik permainan bola basket memerlukan penempatan pemain sesuai kemampuannya. Posisi utama dalam permainan bola basket terdiri dari:

  1. Point guard ditempati oleh pemimpin penyerangan dengan kemampuan men-dribble dan yang memiliki passing (umpan).
  2. Shooting guard dibutuhkan pada saat posisi menyerang sebagai pemegang bola kedua dan penembak lemparan tiga angka, posisi ini ditempati oleh pemain dengan kemampuan baik dalam mencuri bola dan bertahan.
  3. Small forward ditempati oleh pemain dengan tembakan yang konsisten di garis luar tembakan bebas dan yang mampu melakukan penyerangan ke daerah musuh secara agresif.
  4. Power forward dibutuhkan pada saat bertahan untuk menangkap bola rebound (bola pantul yang gagal masuk ke dalam ring) agar dapat langsung menembakkannya lagi ke dalam ring, posisi ini biasanya diisi oleh pemain bertubuh tinggi.
  5. Center dibutuhkan untuk menjadi pertahanan terakhir pada saat bertahan dan bertugas menerima bola dan menembakkannya ke ring saat menyerang, posisi ini biasanya diisi oleh pemain bertubuh paling tinggi.

Taktik Pertahanan Dalam Permainan Bola Basket

Taktik pertahanan dalam permainan bola basket terdiri atas:

  1. Taktik individu, merebut atau memotong bola (steal/intercept), membantu teman (support), menjaga pemain lawan yang tidak memegang bola (one by one/man to man), dan menjaga pemain lawan yang memegang bola.
  2. Taktik grup dengan taktik tim, tukar jaga pemain lawan (switch), dan menghadapi blocking (non switch). Formasi penjagaan daerah (zone defense) yang umum digunakan 2-1-2, 1-2-2, dan 1-3-1.

Taktik Penyerangan Dalam Permainan Bola Basket

Taktik penyerangan dalam permainan bola basket terdiri dari:

  1. Taktik individual di mana seorang pemain melakukan aksi penyerangan dengan menggunakan keterampilannya melakukan shooting, dribble, passing, dan lain-lain.
  2. Taktik grup yaitu dua atau 3 pemain melakukan penyerangan bersama-sama dengan menggunakan wall passing, inter passing, blocking, dan lain-lain.
  3. Taktik tim yaitu bermain dengan pola penyerangan yang terencana, menggunakan gaya bebas (free style), dan permainan cepat (fast break).

Latihan basket secara rutin sangat penting untuk mengasah taktik individu dalam permainan bola basket yang penting untuk meningkatkan performa tim basket anda. Selamat berlatih, selamat bertanding, dan semoga memperoleh kemenangan.

Selanjutnya : Kepopuleran Cewek Cantik di Ambon dan Maluku
Sebelumnya: Contoh Surat Pribadi untuk Orangtua
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar