Taman Laut di Indonesia yang Dilindungi


Di Indonesia, terdapat banyak kawasan yang dilindungi. Kawasan yang dilindungi adalah kawasan atau wilayah yang lingkungannya dilindungi agar nilai-nilainya tetap terjaga. Nilai-nilai tersebut mencakup nilai alaminya, nilai sosialnya, nilai budayanya, dan nilai-nilai lain yang menyerupai nilai tersebut. Kawasan yang dilindungi antara lain berupa taman nasional, cagar alam, cagar budaya, hingga cagar alam laut atau taman laut. Di Indonesia sendiri, terdapat banyak taman laut yang dijadikan tempat konservasi dan dilindungi. Taman laut di Indonesia yang dilindungi antara lain sebagai berikut:

  • Raja Ampat. Taman laut yang berada di Kepulauan Raja Ampat Papua Barat ini terkenal hingga ke mancanegara. Taman Laut Raja Ampat dikenal sebagai surga bawah laut terindah di dunia. Alamnya masih terjaga dengan baik. Taman laut Raja Ampat terletak di kawasan segitiga terumbu karang yang menjadi pusat keragaman terumbu karang dunia. Jumlah spesies ikan yang hidup di taman laut ini diperkirakan mencapai 1.074 spesies.
  • Bunaken. Sama halnya dengan Raja Ampat, taman laut Bunaken juga terkenal hingga ke seluruh mancanegara. Taman laut yang terletak di perairan Sulawesi Utara ini memiliki kurang lebih 58 jenis terumbu karang. Luas area taman laut ini mencapai 75 ribu hektar dengan mencakup lima pulau, yaitu Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage, dan Pulau Naen.
  • Wakatobi. Taman laut yang terletak di kawasan tenggara Pulau Sulawesi ini merupakan singkatan dari pulau-pulau yang berada di kawasan taman laut tersebut, yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomiang, dan Binongko. Luas area taman laut ini mencapai 1,39 juta hektar. Wakatobi kaya akan keanekaragaman hayati sehingga ditetapkan menjadi prioritas konservasi laut di Indonesia.
  • Pulau Komodo. Selain pulaunya yang terkenal karena spesies khas Indonesianya, komodo, pulau ini juga memiliki taman laut yang indah. Taman laut Pulau Komodo memiliki kurang lebih 200 jenis karang keras dan lebih dari 1.000 jenis spesies ikan. Jarak pandang yang luas mencapai 5-30 meter membuat taman laut ini dijadikan salah satu tempat menyelam yang paling sering dikunjungi.

Demikian beragam taman laut di Indonesia yang dilindungi. Tempat-tempat tersebut juga dapat dijadikan salah satu tujuan wisata Anda bersama keluarga di hari libur. Selamat berlibur!

Selanjutnya : Profil Soekarno dan Latar Belakang
Sebelumnya: Spesifikasi Komputer untuk Memainkan Permainan PS3
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar