Tanah Berasal dari Proses Alami Alam


Bumi kita terdiri atas 70% perairandan 30% daratan. Daratan yang terdapat dalam bumi ini tidak lepas dari tanah.Tanah berasal dari pelapukan bebatuan yang terjadi secara alami dan merupakan permukaan paling atas. Selain air, tanah juga merupakan material penting yang berasal dari alam dan memiliki banyak manfaat, baik bagi lingkungan hidup, khususnya kelangsungan hidup manusia.

Tanah yang subur adalah tanah yang mengandung unsur hara, yaitu suatu zat yang dibutuhkan oleh tanaman. Kandungan air dalam tanah cukup atau tidaknya,juga merupakan faktor yang memengaruhi kesuburan tanah, serta memiliki struktur tanah yang baik, artinya tanah yang subur adalah tanah yang pemukaannya tidak kering.

Seorang petani atau seseorang yang terlibat dalam bidang pertanian, tentunya harus mengetahui ciri-ciri kesuburan tanah tersebut guna untuk membantu pekerjaannya.Karena tentu tidak mungkin seorang petani menanam padi di lahan yang tanahnya tidak subur atau tandus (kering).

Beberapa jenis tanah yang bisa dijadikan lahan pertanian, di antaranya adalah tanah vulkanis. Tanah yang satu ini berasal dari pelapukan zat padat dan zat cair hasil dari luapan gunung berapi atau lava. Peristiwa ini merupakan sebuah proses alami di mana lava yang keluar dari perut gunung berapi kemudian menjadi beku.

Beberapa bagiannya berubah menjadi butiran tanah yang disebut dengan tanah subur. Tanah yang disebutkan ini merupakan salah satu jenis tanah yang sangat cocok dijadikan lahan pertanian dan perkebunan. Tanah vulkanis ini banyak ditemukan di beberapa daerah di Pulau Jawa, khususnya daerah yang terdapat gunung berapi.

Salah satu daerah yang dimaksud adalah Garut yang terletak di wilayah Jawa Barat. Setelah letusan gunung berapinya yang terjadi beberapa puluh tahun yang lalu, kini tanah di sekitarnya menjadi subur.Banyak perkebunan yang terhampar luas di sekitar permukaan yang dialiri letusan lava.

Selain tanah vulkanis, ada juga tanah subur lainnya yang juga mengandung unsur yang bagi lingkungan, terutama dapat dimanfaatkan bagi lahan pertanian dan perkebunan, yaitu tanah humus. Tanah yang berwarna cokelat kehitaman ini banyak ditemui di pulau Jawa, Sulawesi, dan Kalimantan.

Jadi dapat disimpulkan tanah berasal dari sebuah proses alami yang sangat berguna bagi lingkungan hidup dan kelangsungan hidup manusia, khususnya dalam bidang pertanian yang dapat dijadikan sebagai lapangan pekerjaan.

Selanjutnya : Contoh Sistematika Penulisan Proposal Kegiatan
Sebelumnya: Paket Internet Murah dan Kencang untuk Modem dari Tri
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar