Tanah Yang Subur Memiliki PH Ideal


Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Membentang tanah yang luas dan subur. Sayang, jika kekayaan alam ini tidak dimanfaatkan dan dilestarikan. Bolehlah bila dimanfaatkan.

Kembali pada bahasan tanah, tanah memiliki ph. Tanah yang subur mimiliki PH normal. Ph merupakan satuan untuk mengukur keasaman atau kebasaan. Tanah yang memiliki ph kisaran 0 hingga 7 menunjukkan ph asam. Sedangkan 7 hingga 14 menunjukkan ph basa. Untuk menentukan ph pada tanah, maka perlu ada perbandingan keasaman dan kebasaan yang masing-masing tidak berlebih.

Sedang untuk menentukan ph tanah yang subur, maka dapat dibandingkan pula ph tanah dengan ph air yang ada. Ini akan berpengaruh pada kesuburan tanah jika perbandingannya idela atau tidak berlebih.

Jika ph terlalu keasam atau kebasa, maka posisinya tidak lagi netral sehingga memungkinkan untuk menghambat pertumbuhan. Meski perbandingan keduanya tidak mungkin sama rata, akan tetapi perbandingan keduanya tidak bersilisih banyak.

Nilai ph sangat dipengaruhi dengan cuaca, lokasi, dan perlakuan. Daerah tinggi dimungkinkan lebih dominan ke basa, sedangkan daerah dataran rendah lebih dominan ke asam. Tapi, belum pasti juga, bergantung bagaimana pula tanah oitu bercampur dengan air dan cuaca. Pagi, siang, sore, dan malam, tanah bisa saja mengalami perubahan nilai ph.

Cara Untuk Menjaga Kesuburan Tanah

Kita dapat menjaga kesuburan tanah dengan mengolahnya untuk ditanami suatu tumbuhan, karena semakin produktif tanah itu diperlakukan, maka akan memberi pengaruh baik bagi tanah-tanah di sekitarnya. Kecuali, jika ada bencara air yang begitu besar, maka air memudar sehingga kehilangan kesuburannya.

Tanah juga dapat menyimpang air, sehingga seringkali disebut dengan air tanah. Tanah yang bermanfaat seperti itu menunjukkan bahwa tanah tersebut memilki tingkat kesuburan yang tinggi karena adanya pecampurannya dengan air sehingga membuat ph-nya ideal.

Bila tanah subur, maka siapapu merasakan manfaatnya. Dengan demikian, perlu bagi kita untuk melestarikan tanah agar lebih subur.  Caranya dengan menanaminya dengan tumbuhan, memberlakukannya menjadi tanah yang mampu menampung air hujan dengan baik, sehingga menjadi air tanah, di mana tanah yang dikandungnya itu nanti bermanfaat bagi keberlangsungan air di bumi kita.

Kita bisa melakukannya dengan pelestarian menciptakan ruang terbuka hijau dan mencoba meminimalkan pembangunan yang menghabisis beberapa tanah subur karena tanah subur perlu ada pelestarian.

Selanjutnya : Sistem Politik Diktator (Otoriter) di Masa Modern
Sebelumnya: Jenis Mikrobiologi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar