Budidaya Tanam Melon dalam Polybag


Buah melon (Cucumis melo, L) buah yang menyegarkan rasanya, biasanya dijual dalam bentuk jus di restoran-restoran. Rasa buahnya yang hampir mirip dengan buah garbis. Sekarang menanam buah melon tidak harus berada di lahan-lahan yang luas. Namun, sekarang lahan sempit bisa ditanami dengan buah melon. Dengan cara membudidayakan tanam melon dalam polybag pada lahan yang sempit. Hal ini merupaka bentuk kemajuan dari bidang pertanian sehingga Anda bisa tanam sendiri melon dibelakang rumah dalam polybag.

Buah melon merupakan tanaman semusim yang tumbuhnya menjalar hampir sama dengan ketimun. Jika memang Anda ingin mencoba menanam melon dalam polybag, sebelumnya Anda harus menyiapkan beberapa peralatan sebagai berikut.

•    Polybag ukuran 37 cm x 40 cm

•    Rambatan dari bambu, Reng Kayu ukuran 2 x 4 cm

•    Paku ukuran 2 – inch

•    Tali Rafia

•    Slang plastik ½ inch 10 m

•    Gunting dan pisau pemotong

Jangan lupa juga siapkan saprodi yaitu benih melon, pupuk NPK, pupuk kandang, urea, kapur, insektisida, fungsisida, dan herbisida. Budidaya melon dengan sistem polybag harus memerhatikan juga musim yang pas, agar sewaktu panen melon cuaca sedang panas. Adapun tahap-tahap penanamannya adalah sebagai berikut.

1.    Untuk media tanam, isi polybag dengan tanah, pasir, abu sekam, pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1.

2.    Sewaktu mengisi polybag lakukan juga penyemaian benih-benih melon pada media persemaian.

3.    Setelah persemaian mencapai umur 14 hari, lakukan penanaman pada polybag yang sudah disiapkan sebelumnya. Satu batang untuk satu polybag dan jarak penempatan polybag 50 x 75 cm.

4.    Lalu, peliharalah dengan baik melon yang ditanam dalam polybag, dengan memperhatikan betul-betul cara pemeliharaannya secara baik dan benar, sesuai dengan petunjuk yang telah Anda pelajari sebelumnya.

5.    Melon mulai berbuah ketika berumur 20 hari setelah penanaman. Lalu, buah diseleksi dan dipelihara hingga mencapai umur sekitar 60 hari. Buahpun siap dipanen, dengan ciri-ciri sebagai berikut :

•    Warna kulit buah putih mulai kekuningan,

•    Untuk jenis varieta slyroket ciri buah setiap panen adalah net yang terbentuk pada kulit buah terlihat sudah rapat,

•    Tangkai buah berbentuk cincin/lingkaran retak-retak, dan

•    Aroma khas buah melon pastinya sudah tercium.

Semoga tips tanam melon dalam polybag dapat memberikan manfaat bagi Anda semua.

Selanjutnya : Apakah dalam Kentang Terdapat Zat Tepung?
Sebelumnya: Strategi Mengurangi Kepadatan Penduduk
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar