Menanam Tanaman Buah Manggis dalam Pot


Tanaman buah manggis dalam pot adalah salah satu cara yang dilakukan untuk mengatasi lahan yang sempit. Buah manggis juga merupakan salah satu tanaman yang bisa ditanam di dalam pot. Buah manggis sendiri memiliki berbagai khasiat bagi tubuh, seperti mencegah kanker. Banyak sekali produk ekstrak dari buah manggis ini. Ada yang berupa kapsul ada juga yang berupa minuman ekstrak buah manggis. Tak hanya buahnya saja, kulitnya juga dipakai untuk obat-obatan herbal.

Menanam Buah Manggis di Dalam Pot

Menanam buah manggis di dalam pot akan membantu orang-orang yang ingin menanam buah ini namun tak mempunyai lahan yang cukup. Pot yang dipakai untuk menanam buah manggis bisa berupa pot plastik atau polybag. Polybag bisa dipakai untuk persemaian manggis.

Pembibitan buah manggis bisa dilakukan melalui penanaman biji, steak, cangkok, penempelan ataupun penyambungan. Tanah yang digunakan bisa dicampur dengan pupuk kandang. Selanjutnya jika sudah tumbuh dapat dipindah ke polybag. Jika akarnya sudah kuat dan bertambah besar bisa dipindahkan ke dalam pot.

Buah manggis dalam pot ini dapat dipanen jika sudah matang. Tingkat kematangan dilihat dari warna kulit buahnya. Jika warna kulit buahnya sudah berwarna unggu sekitar 25 % maka sudah siap untuk dipanen. 

Cara pemanenan yang baik untuk buah manggis ini yaitu dengan mengikutsertakan tangkainya juga. Buah manggis ini nantinya dapat dijual langsung atau diolah lagi. Untuk pasar impor maka perlu diperhatikan berat buah manggis itu sendiri. Beberapa negara memiliki standar berat buah manggis, seperti Jepang yang mengharuskan berat buah manggis minimal adalah 80 gr.

Menanam buah manggis dalam pot bisa ditekuni oleh orang-orang yang ingin bertanam di lahan sempit. Lahan yang sempit dapat mempermudah dalam hal pengawasannya. Selain itu lahan yang sempit juga akan mengurangi biaya untuk membeli tanah yang luas. 

Namun kualitas dan pertumbuhan buah manggis dalam pot juga harus diperhatikan agar tidak kalah dengan buah manggis yang di tanam di lahan. Pemupukan dan penyiraman perlu dilakukan secara rutin. Pengendalian hama tanaman juga dapat meningkatkan kualitas dari tanaman buah manggis dalam pot tersebut.

Selanjutnya : Contoh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
Sebelumnya: Trik Praktis Membuat Kamar Sempit Terlihat Luas
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar