Mengenal Jenis-jenis Tanaman Toga

Tanaman toga adalah tanaman  obat keluarga. Bila perkarangan depan rumah ada kosong, sebaiknya difungsikan dengan membudidayakan berbagai tumbuhan yang memiliki khasiat. Istilah yang lebih keren yaitu membuat apotek hidup. Kita bersyukur hidup di negara yang tanahnya terbilang subur. Kita bisa menaman berbagai jenis tumbuhan tanpa hambatan yang berarti. Ada berapa macam jenis tumbuhan yang termasuk kategori TOGA (tanaman obat keluarga).

Contoh Tanaman Toga

Loading...

Berikut ini adalah contoh tumbuhan toga yang bisa kita budidayakan di pekarangan rumah.

1. Selasih

Selasih tentu tidak asing lagi ditelinga kita, buah selasih ini, biasa digunakan untuk campuran es. Tanaman ini sangat mudah tumbuh, tidak perlu perawatan khusus cuma pastikan tanaman cukup air. Daun Selasih memiliki fungsi  menghilangkan bau badan, caranya tinggal rebus daunnya, lalu minum secara rutin. Sedangkan buahnya bisa djadikan obat panas dalam, cukup seduh buah selasih yang telah dikeringkan dengan air hangat dan tambah gula sedikit, tunggu sampai biji selasih  mengembang.

2. Tapak Dara

Tanaman tapak dara ini mudah sekali ditemukan di daerah Indonesia serta cara membudidayakannya terbilang mudah. Khasiat yang terkandung dalam tanaman ini cukup banyak, bisa mengobati berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes, hipertensi, leukima, dan bisa juga sebagai pengobatan luka. Cara mengunakannya cukup rebus berapa lebar daunnya lalu diminum rutin setiap hari sedangkan untuk pengobatan luka, haluskan daun tapak darah lalu tempelkan pada bagian tubuh yang terkena luka

3. Pepaya

Siapa yang tidak suka makan buah pepaya, rasanya manis dan empuk. Menaman buah pepaya tidaklah sulit, cukup  dengan menaburkan biji buah saja di perkarangan Anda, tinggal tunggu waktu untuk berbuah. Pepaya banyak sekali memiliki manfaat, selain bisa melancarkan buang air besar, juga berfungsi mengobati demam tinggi dan penyakit desentri.

4. Jeruk Nipis

Jeruk nipis banyak sekali khasiatnya bagi tubuh, daunnya bisa digunakan sebagai pengharum makanan. Serta buahnya bisa mengobati berbagai penyakit seperti batuk, menghilangkan bau badan, menurunkan panas demam, dan melancarkan buang air kecil. Zat yang terkandung dalam jeruk nipis dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu membunuh bakteri. Bila batuk, cukup minum air perasan jeruk nipis, batuk akan cepat sembuh.

5. Jahe

Tanaman jahe mudah sekali dibudidayakan. Umbi jahe ini memiliki banyak sekali maafaat. Selain menghangatkan tubuh, jahe bisa memperlancar peredaran darah dan membuat tidur lebih nyenyak.  Cukup rebus jahe tambahkan gula merah sedikit, lalu minum khasiatnya akan segera terasa.

Itulah jenis-jenis tanaman toga. Semoga bermanfaat!

Loading...
Selanjutnya : Arti Mimpi Kamar Mandi
Sebelumnya: Mengenal Kecubung Amatis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar