Macam Tanaman untuk Halaman Rumah dan Lingkungan Sekitar


Tanaman merupakan salah satu pelengkap lingkungan yang memiliki fungsi selain untuk keindahan juga untuk meningkatkan sirkulasi udara, sebagai paru-paru sebuah lingkungan. Berikut dafatr beberapa jenis tanaman untuk halaman rumah dan lingkungan sekitar.

Melati

Tanaman berbunga kecil berwarna putih dan harum ini selain enak dipandang juga memiliki harum bunga yang menawan. Selain itu, berdasarkan penelitian, harum bunga melati tidak disukai beberapa jenis serangga termasuk nyamuk, sehingga dengan menanam bunga melati di sekitar rumah dapat mengurangi populasi nyamuk dan serangga penggangu.

Sirih

Daun sirih dikenal untuk makan sirih bagi orang tua tempo dulu. Namun, kini sirih banyak digunakan untuk tanaman. Selain daunnya yang berwarna hijau segar dan bentuknya yang merambat menambah asri lingkungan rumah, ternyata daun sirih memiliki kemampuan menyerap karbondioksida dan mengeluarkan oksigen dalam jumlah yang relatif tinggi dibandingkan dengan tanaman hias lainnya.

Selain itu, daun sirih dapat dimanfaatkan juga untuk anek pengobatan herbal. Bau daun sirih juga tidak disukai nyamuk, sehingga dapat dijadikan alternatif pengusir nyamuk.

Akasia

Daun pohon besar ini mudah rontok dan terkadang dihindari untuk ditanam di halaman rumah karena dianggap mengotori halaman. Akan tetapi, akasia memiliki kemampuan menyerap karbondioksida dan mengeluarkan oksigen yang cukup tinggi. Oleh karena itu, tanaman ini banyak digunakan untuk tumbuhan yang ditanam di tepi jalan sebagai paru-paru kota.

Cemara

Pinus atau cemara indah untuk dilihat. Batangnya yang cenderung lurus membuat pohon ini tidak membutuhkan ruang banyak untuk pertumbuhnannya. Daun pohon cemara berbentuk jarum, sehingga tidak perlu menghabiskan air banyak dan bahkan dalam kondisi kurang disiram pun pohon cemara dapat tetap tumbuh dengan baik.

Pohon cemaran juga memiliki kemampuan mengikat karbondioksida dan mengeluarkan oksigen dalam jumlah yang relatif tinggi, sehingg pohon pinus dan cemara tepat sebagai pohon penghijauan di hutan dan pegunungan sebagai salah satu paru-paru lingkungan.

Pohon kamboja

Beberapa orang mengidentikkan pohon berbunga kaku ini dengan aneka hal mistis dan bahkan tidak sedikit yang menganggap kamboja hanya pantas tumbuh di daerah pemakaman. Mitos ini sebaiknya segera dipupus karena ternyata pohon kamboja memiliki beberapa manfaat, salah satunya tanaman untuk halaman rumah dan lingkungan sekitar.

Warnanya yang pink atau putih memiliki kemampuan menangkap sinar matahari kemudian memantulkannya ke sekitar untuk membantu pohon lain berasimilasi bahkan di saat sedang tidak terdapat intensitas sinar matahari yang tinggi. Pohon kamboja juga dapat menyerap udara yang tercemar, sehingga juga bagus sebagai tanaman untuk halaman rumah dan lingkungan sekitar.

Selanjutnya : Kliping Tentang Atletik Tolak Peluru
Sebelumnya: Mengenal Wohler Pada Awal Timbulnya Biokimia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar