Beragam Jenis Tanaman yang Cocok Ditanam di Daerah Pantai


Tanaman atau tumbuhan yang hidup di daerah pantai memiliki keterikatan yang sangat erat dengan lingkungan dan alam di sekitarnya. Tumbuhan yang dapat tumbuh di daerah pantai, yang umumnya berpasir, jika diperhatikan secara seksama memiliki keunikan atau ciri khas yang tidak dimiliki oleh tanaman yang tumbuh di daerah pegunungan atau dataran rendah.

Daun yang terdapat pada tumbuhan pantai umumnya memiliki warna yang mengkilap dan batangnya cenderung lebih keras.

Hal itu disebabkan oleh kondisi pantai yang yang memiliki cuaca terik, tanah berpasir, berair payau, udara lembab serta seringkali dilanda pasang surut, sehingga tanaman yang tumbuh di sana haruslah mampu beradaptasi dengan baik.

Ada beberapa jenis tanaman yang cocok ditanam di daerah pantai. Tanaman-tanaman di bawah ini memiliki toleransi yang sangat baik terhadap situasi pantai yang tergolong cukup ekstrem:

Kelapa

Tanaman ini banyak tumbuh di daerah pantai yang beriklim tropis. Tanaman yang termasuk ke dalam jenis palmaea ini mampu beradaptasi dengan baik dengan kondisi tanah yang berpasir, air payau dan bahkan cuaca terik.

Pandan

Ini adalah tanaman yang termasuk ke dalam suku pandanaceae. Tanaman ini memiliki fungsi yang sangat vital bagi pantai, terutama untuk mencegah terjadinya abrasi. Di samping itu, pandan, yang umumnya membentuk semacam rumpun juga kerap kali dipakai oleh binatang laut untuk bersarang dan berkembang biak.

Mangrove atau bakau

Bakau termasuk tanaman liar yang seringkali tumbuh di pinggiran pantai. Hutan bakau memegang peranan yang sangat penting terhadap ekosistem pantai.

Genangan air di kawasan hutan bakau merupakan tempat berkembang biak hewan laut seperti kepiting serta ikan-ikan kecil dan udang sedangkan hutannya sendiri dipergunakan oleh binatang reptile maupun burung untuk bernafas. Kawasan hutan bakau juga merupakan benteng terhadap ombak dan abrasi.

Ketapang

Tanaman ini banyak dibudidayakan sebagai tanaman perindang. Selain itu, buah ketapang juga dikenal memiliki khasiat bagi kesehatan.

Cemara udang

Cemara jenis ini memiliki kemampuan menetralisir kandungan garam di udara pantai yang terkenal sangat tinggi. Selain itu, juga dipergunakan oleh hewan-hewan seperti burung dan reptile untuk bersarang dan berkembangbiak.

Itulah beberapa tanaman yang cocok ditanam di daerah pantai. Semoga dapat menambah wawasan Anda.

Selanjutnya : Pengertian Metode Deskriptif dalam Menulis
Sebelumnya: Peranan Pengelola Koperasi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar